Pasuruan, Probolinggo, Lumajang Panas Pol, Kenapa ya?

667
Pasuruan, Probolinggo, Lumajang Panas Pol, Kenapa ya?
Ilustrasi suhu panas terik.

Lumajang (WartaBromo.com) – Beberapa hari terakhir, warga Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang merasakan panas yang tak biasa. Bahkan suhunya mencapai 33 derajat celsius.

Berdasarkan pantauan wartabromo, beberapa hari terakhir suhu udara di 5 Kabupaten/kota ini selalu di atas 30 derajat celsius. Bahkan konstan di angka 32 – 33 derajat celsius pada pagi hingga sore hari.

Ternyata hal ini tak hanya dirasakan oleh warga sekitar area WartaBromo, namun sebagian warga Indonesia. “Berdasarkan data hasil pengamatan BMKG, suhu maksimum terukur selama periode tanggal 01-07 Mei 2022 berkisar antara 33-36.1 derajat celsius,” jelas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui keterangan persnya.

Penyebab dari suhu terik yang tak biasa ini ada beberapa hal. Di antaranya Indonesia mulai memasuki musim kemarau.

Baca Juga :   Haru Tim Medis Berlebaran di RSUD Tongas

“Posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau,” lanjutnya.

Hal ini menyebabkan potensi hujan akan berkurang. Sehingga pada pagi hingga siang, beberapa wilayah juga berpotensi lebih cerah.

“Dominasi cuaca yang cerah dan tingkat perawanan yang rendah tersebut dapat mengoptimumkan penerimaan sinar matahari di permukaan Bumi. Sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari,” tambah BMKG.

Meski demikian, kondisi panas terik ini merupakan skala variabilitas harian. “Kewaspadaan kondisi suhu panas/terik pada siang hari masih harus diwaspadai hingga pertengahan Mei,” tandasnya. (may)

Baca Juga :   Pungutan Liar di Dispendik Jadi Sorotan Dewan