Kenapa Kepala Pusing Saat Bangun Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya!

748

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebagian orang pasti pernah merasa pusing saat bangun tidur. Rasa pusing tersebut tentunya disebabkan karena beberapa hal.

Meski pusing yang dirasa tidak berkelanjutan, namun tetap harus mawas diri untuk segera mengatasinya. Pasalnya, jika dibiarkan dan berkelanjutan bisa jadi rasa pusing tersebut tanda bahwa tubuh mengalami gangguan medis.

Nah, dilansir dari tempo.co, inilah yang ternyata jadi penyebab kepala pusing saat bangun tidur:

1. Gula Darah Rendah

Hipoglikemia atau kadar gula darah rendah dapat menyebabkan pusing di pagi hari. Ketika tubuh kekurangan glukosa, yang merupakan sumber bahan bakar utama tubuh, sistem melambat, termasuk otak.

Orang yang kadar gulanya rendah saat bangun tidur di pagi hari biasanya merasa bingung dan sedikit pusing. Untuk menghilangkannya, disarankan duduk terlebih dahulu, diam sejenak dan pejamkan mata sampai pusing hilang.

Baca Juga :   Rumah Ibadah di Kabupaten Probolinggo Disterilkan

2. Vertigo

Pusing disertai pandangan beputar saat bangun tidur bisa jadi merupakan gejala seseorang mengalami vertigo. Menurut dokter keluarga Pauline Jose, vertigo disebabkan karena seseorang mengalami masalah pada telinga bagian dalam.

Bagi penderita vertigo sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, jika dibiarkan bisa menyebabkan keadaan semakin parah.

3. Sleep Apnea

Sleep apnea sering dikaitkan dengan gejala seperti mendengkur, tapi sebenarnya ini ditandai dengan pernapasan yang tidak normal atau terganggu saat tidur. Kondisi tersebut juga menyebabkan perasaan pusing di pagi hari.

Penderita sleep apnea akan mengalami kesulitan bernapas saat tidur, sehingga dapat menurunkan kadar oksigen dalam darah. Ketika otak kekurangan oksigen di malam hari, mungkin pagi hari akan terbangun dengan perasaan pusing. (trj/may)