Hujan Empat Jam, 5 Desa Di Probolinggo Terendam Banjir

652
Banjir yang melanda permukiman di Kabupaten Probolinggo, Kamis (26/5/2022). Ketinggian air mencapai 1 meter. Foto: Heppy Lailatu Ansa.

Gending (WartaBromo.com) – Tak hanya Jalur Pantura, hujan deras yang berlangsung 4 jam mengakibatkan sejumlah desa di Kabupaten Probolinggo terendam banjir. Sedikitnya ada 5 desa yang kebanjiran dengan ketinggian mencapai 1 meter.

Ke-lima desa itu, yakni Desa Gending, Jatiadi, Pesisir, Klaseman dan Brumbungan Lor. “Sementara 5 desa yang dilaporkan terdampak,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugeng Supri Sayoga, Kamis (26/5/2022).

Anik, salah satu warga Gending menjelaskan, banjir terjadi setelah wilayah setempat diguyur hujan lebat sejak pukul 07.00 hingga pukul 11.00. Ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa atau sekitar 1 meter

“Banjir ini terjadi hampir setiap tahun, saya penduduk asli sini, semenjak dua tahun kemarin, agak parah seperti ini, Mas,” ucap wanita 48 tahun itu.

Baca Juga :   Tergenang Banjir, Jalur Pantura Probolinggo Macet Panjang

Warga pun berupaya menyelamatkan barang-barang miliknya. Diungsikan ke tempat yang lebih tinggi. Agar dampak kerugian tidak terlalu besar.

“Ya bagaimana lagi Mas, jika menunggu pihak BPBD ya keburu tenggelam semua, saat ini yang kita lakukan ya menyelamatkan barang – barang yang bisa diselamatkan saja,” tandasnya.

Belum diketahui berapa kerugian yang dialami warga Desa gending. Nampak sejumlah warga sibuk mengamankan semua barang barangnya agar tidak rusak terendam banjir.

Hingga kini pihak BPBD masih lakukan evakuasi dan assesmen. Terhadap wilayah yang terendam banjir, pihak PLN juga melakukan pemadaman. Guna meminimalisir kejadian seperti korsleting listrik. (lai/saw/asd)