Ini 3 Penyebab Anak Autis yang Perlu Diwaspadai Orang Tua

468

Pasuruan (wartabromo.com) – Sejauh ini tak banyak orang tua tahu apa yang menyebabkan anak autis. Para ahli pun tidak tahu persis apa penyebab dari segi medis.

Meski begitu, National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS) telah mencari tahu penyebab autis. Dan dari hasil penelitian ditemukan beberapa penyebabnya secara umum.

Berikut dilansir dari halodoc.com:

1. Genetik

Penyebab pertama adalah dikarenakan faktor genetik. Maksudnya, keluarga yang sebelumnya punya riwayat keturunan autis berpotensi memiliki anak autisme lagi.

Diterangkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), faktor genetik bisa jadi penyebab anak autis karena adanya faktor metabolik dan biokimia yang menyebabkan adanya gangguan pada spektrum.

2. Obat-obatan

Di masa kehamilan, ibu hamil memang dilarang mengkonsumsi sembarang obat sebab dikhawatirkan berdampak buruk pada janin, salah satunya bisa menyebabkan anak autis.

Baca Juga :   E-BOUT, Terapi untuk Anak Autis ala Mahasiswa asal Pasuruan

Mengkonsumsi obat yang mengandung valproic acid dan thalidomide saat hamil dapat meningkatkan risiko anak mengidap autisme di kemudian hari.

3. Usia Orang Tua

Penyebab berikutnya yang tak disadari adalah autis bisa juga disebabkan usia orang tua. Para peneliti menemukan bahwa ibu yang melahirkan anak dalam usia di atas 40 tahun memiliki risiko 50 persen lebih kuat memiliki anak dengan autisme.

Hal ini dipengaruhi oleh kualitas sperma dan sel telur orang tua yang dapat berpengaruh pada genetis anak. Oleh karena itu, dokter tak menyarankan ibu di atas 39 tahun hamil. (trj)