1.000 Dosis Vaksin Sapi Segera Didistribusikan di Kabupaten Pasuruan

439

Pasuruan (WartaBromo.com) – Vaksin untuk sapi di Kabupaten Pasuruan telah tiba. Untuk tahap awal ini, pemkab dapat jatah 1.000 dosis vaksin.

Ribuan vaksin ini disalurkan oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani di Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Rabu (15/06/2022).

Puan bersama rombongan mendatangi KPSP Setia Kawan didampingi Bupati, Wakil, Bupati, Ketua DPRD, Kabupaten Pasuruan. Ia juga melihat kondisi sapi yang ada di koperasi tersebut.

“Jadi Pasuruan ini salah satu daerah penyumbang susu dan sapi potong terbesar di Jawa Timur,” kata Puan.

Puan menyebut, ada 1.000 dosis vaksin sapi yang disalurkan. Ia meminta pemkab segera mendistribusikan vaksin tersebut kepada populasi sapi yang ada di Kabupaten Pasuran.

Baca Juga :   3 Unit Motor Milik Warga Ngembal Digondol Komplotan Maling

“Sambil menunggu vaksin selanjutnya datang, kami minta juga diberikan vitamin,” imbuh Puan.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengungkapkan, kondisi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Pasuruan saat ini sudah ada 2.000 sapi yang terpapar PMK.

Dari ribuan tersebut, menurut Irsyad, 800 ekor di antaranya sembuh dan 23 ekor yang mati. Irsyad menyebut, vaksin yang baru tiba akan segera didistribusikan ke wilayah Tutur.

“Nanti akan menyusul semuanya. Kebutuhan kita 200.000 dosis vaksin. Populasi sapi di Pasuruan sekitar 197.000 yang terdiri dari sapi perah, sapi potong, dan sapi anakan,” kata Irsyad. (tof/asd)