Tips Lolos Seleksi Rekrutmen BUMN, Pencaker Wajib Simak!

531

Pasuruan (wartabromo.com) – Selain Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), lowongan di Badan Usaha Milik Negera (BUMN) diburu para pencari kerja (pencaker). Seleksinya pun tak kalah ketat, sehingga harus benar-benar tahu tips lolosnya.

BUMN dikenal menawarkan benefit kerja yang lebih menjanjikan daripada CPNS, tak heran bila banyak pencaker yang menjadikannya sebagai perusahaan impian. Lantas, bagaimana tips agar bisa lolos seleksi rekrutmen BUMN?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tipsnya:

1. Siapkan Kelengkapan Dokumen Sesuai Syarat

Kelengkapan dokumen adalah salah satu hal paling vital yang harus benar diperhatikan dalam mendaftar pekerjaan di mana pun. Untuk bisa melangkah ke jenjang berikutnya, pastikan dokumen sudah lengkap sesuai syarat.

Baca Juga :   Sinergi BUMN, PLN dan PAL Luncurkan Pembangkit Listrik Kapal Modern Berdaya 60 MW

BUMN kini sudah menerapkan sistem seleksi digital yang memungkinkan efisiensi dalam proses rekrutmen. Jangan malas buat mengecek website perusahaan BUMN secara berkala di website https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

2. Cari Tahu Minat Kerjamu

Tips selanjutnya yakni mencari tahu minat kerja yang benar-benar diinginkan, sebab dari tahun ke tahun BUMN menyediakan banyak posisi di masing-masing instansi.

Jangan sampai asal memilih, karena BUMN hanya menyediakan maksimal 3 posisi yang berbeda sebagai opsi.

3. Siapkan Diri Mengikuti Serangkaian Tes

Lolos atau tidak dalam proses seleksi berkas, pastikan sudah siap mengikuti seleksi serangkaian tes lain. Tak berbeda dengan CPNS, BUMN juga menempuh beberapa jalur seleksi.

Diantaranya, Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD untuk mengukur kemampuan dasar mulai verbal, numerik, berpikir logis, dan berpikir analitis.

Baca Juga :   Kenduren Mas Permudah Pencari Kerja

Sedangkan TKB bertujuan untuk menguji para calon pegawai BUMN untuk menilai kecocokan kompetensi dengan posisi yang dilamar.

4. Berdoa dan Terus Belajar

Sebagai manusia, tentu jangan melupakan Tuhan dalam berbagai hal. Termasuk saat memantapkan diri untuk melamar di BUMN. Mengingat semakin banyak persaingan di dunia kerja, maka mintalah bantuan Tuhan agar dimudahkan segalanya.

Iringi doa dengan usaha yang sungguh-sungguh. Yakinkan hati bahwa semua yang terjadi, lolos atau tidak dan ditempatkan di manapun adalah bentuk rejeki yang diberikan Sang Maha Kuasa. (trj/may)