Tanda-Tanda Khodam Ingin Mendekat dan Berkomunikasi dengan Manusia

622

Pasuruan (WartaBromo.com) – Setiap manusia yang lahir ke dunia sebenarnya sudah didampingi khodam. Kepercayaan ini muncul di kalangan masyarakat Jawa dan bisa disebut “Sedulur papat” (saudara yang empat).

Selain sedulur papat, ada jenis khodam lain yang hanya bisa dimiliki orang-orang pilihan. Seperti khodam leluhur, amalan, dan pusaka dimana untuk mendapatkannya harus melalui keturunan atau ritual keagamaan khusus.

Bahkan, menurut Ali Ridho seorag pakar spiritual, bentuk khodam pun bisa beragam, ada yang berwujud hewan atau makhluk-makhluk astral lain. Semua itu dipengaruhi dari tujuan dan bawaan dari si pemilik khodam.

“Kalau bentuknya tinggal permintaan atau kebutuhan, jelmaan kodam bisa berwujud macan, buaya, kucing bisa juga wujud dirinya sendiri,” ujarnya dilansir dari smartcity.patikab.go.id.

Baca Juga :   Cerita Singkat Tombak Bugel

Hanya saja, tak semua orang menyadari keberadaan khodam yang ada pada dirinya. Namun demikian, kadangkala ada khodam yang memaksakan diri untuk berkomunikasi sementara pemiliknya tidak sadar.

Nah, khodam yang hendak berkomunikasi dengan “tuannya” ini juga bisa diketahui dari tanda-tanda khusus. Apa saja?

  • Muncul bau harum di sekitar. Sama seperti makhluk gaib lain, kehadiran khodam di dekat manusia bisa ditandai dengan munculnya bau-bau harum, seperti bau melati atau bunga-bunga yang identik dengan pemakaman.
  • Telinga berdengung. Bagi yang pernah atau merasa telinga berdengung di suatu kondisi, bisa jadi itu adalah tanda khodam ingin berkomunikasi. Biasanya akan terasa seperti ada bisikan-bisikan pesan yang langsung masuk ke hati.
  • Suhu tubuh tiba-tiba berubah. Khodam yang mendekat dan ingin berkomunikasi terkadang membuat suhu tubuh berubah drastis, misalnya terasa sangat dingin atau panas.
  • Terasa denyutan di ubun-ubun. Percaya atau tidak, ketika ubun-ubun sudah berdenyut maka khodam tersebut ingin menyampaikan pesan penting.
  • Muncul cahaya terang yang berwarna kebiruan. Kemunculan cahaya ini sebagai pertanda bahwa khodam tersebut sedang membisikkan suatu pesan dan bentuknya bisa berbeda.
Baca Juga :   Keris: Produk Budaya Kaya Makna

Dari tanda-tanda di atas, apakah Bolo pernah merasakannya? Terkait benar atau tidaknya, kembali kepada kepercayaan masing-masing, ya. (trj)