Ada Wabah, Gus Mujib Minta Penyembelihan Sapi Kurban di Hari Pertama Idul Adha

239

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan menghimbau kepada umat muslim yang merayakan Idul Ada 1443 H untuk sebisa mungkin menyembelih hewan qurban jenis sapi hanya di hari pertama saja.

Himbauan ini disampaikan oleh Plh Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) di sela-sela pemeriksaan hewan qurban oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan di Ponpes Al Yasini Wonorejo, Sabtu (09/07/2022) pagi.

Menurutnya, himbauan untuk menyembelih sapi hanya di hari pertama untuk mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) melalui airbone alias udara.

“Sebaiknya sebisa mungkin (sembelih) di hari pertama. Namanya juga ikhtiar agar sapinya tidak sampai tertular PMK melalui udara dan itu cepat sekali,” katanya.

Baca Juga :   Koran Online 13 Oktober : Korban Tsunami Palu Ngungsi di Pasuruan, hingga Pemkab Pasuruan Dapat Penghargaan

Seperti diketahui, hari ini jamaah dan warga Muhammadiyah melaksanakan salat Idul Adha. Sedangkan Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 H pada minggu (10/07/2022) besok.

Dari pantauan di lapangan, warga Muhammadiyah di Kabupaten Pasuruan seperti tak ada perbedaan dalam hal penyembelihan hewan qurban sebelum dan saat sedang dalam wabah PMK seperti sekarang.

Hampir di semua masjid yang menyelenggarakan Sholat Hari Raya Idul Adha hari ini, selalu menghadirkan sapi untuk disembelih di sekitaran masjid.

Untuk itu, Gus Mujib mengucapkan selamat berqurban untuk seluruh warga Muhammadiyah di Kabupaten Pasuruan maupun masyarakat yang akan merayakan Idul Adha, esok hari.

“Selamat berqurban untuk yang melaksanakan Hari Raya Idul Adha hari ini. Semoga qurban kita diterima Allah SWT,”harapnya.

Baca Juga :   Menengok Geliat Usaha di Desa Masangan

Lebih lanjut Gus Mujib menegaskan bahwa himbauan menyembelih hewan qurban di hari pertama saja tak berlaku untuk para pemilik kambing. Kata Gus Mujib, meski PMK sudah menjadi wabah, namun di Kabupaten Pasuruan hanya ada kasus 2 ekor yang terjangkit PMK, dan semuanya sudah sembuh.

Sehingga penyembelihan kambing dipersilahkan hingga hari ketiga Idul Adha 1443 H.

“Sepertinya kambing lebih tahan terhadap PMK. Buktinya meski populasinya jauh lebih banyak bila disamping sapi, namun ketahanan tubuhnya lebih bagus kambing, jadi silahkan saja mau menyembelih kambing sampai dihari ketiga,” ucapnya. (mil/yog)