Bikin Merinding, Ini 3 Lokasi Pembantaian PKI di Jawa Timur

1332

Pasuruan (WartaBromo.com) – Peristiwa pembantaian G30S PKI dikenal sebagai kejadian tragis. Tempat-tempat yang menjadi lokasi pembantaiannya pun sampai saat ini terkenal mistis.

Pembunuhan massal pada simpatisan PKI pun terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Namun, yang paling melekat cerita mistisnya adalah yang terjadi di Jawa Timur.

Dilansir dari berbagai sumber, ada 3 tempat angker yang dulunya dijadikan lokasi pembantaian PKI di Jawa Timur. Berikut diantaranya:

1. Coban Talun

Di balik keindahannya, tempat wisata air terjun Coban Talun yang ada di Batu, Jawa Timur ini ternyata punya cerita mistis. Pasalnya, air terjun ini dulunya menjadi tempat pembantaian para PKI.

Banyak kejadian mistis yang kerap dialami wisatawan saat berada di sana jelang sore hari. Bahkan, seorang siswa pernah tiba-tiba kesurupan dan mengaku melihat potongan tubuh korban PKI di sekitar air terjun.

Baca Juga :   Hati-Hati, Ini Ciri Orang yang Pasang Susuk di Wajah

2. Monumen Kresek

Monumen Kresek menyimpan potongan sejarah kelam bangsa Indonesia. Berlokasi di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur tempat ini jadi saksi bisu terjadinya eksekusi sejumlah tokoh.

Tepatnya pada tahun 1948, jasad korban yang dibunuh dibuang dalam monumen tersebut. Setidaknya ada sekitar 17 nama yang ada di tempat tersebut mulai kiai, TNI, guru, hingga masyarakat.

3. Waduk Karang Kates

Hampir semua orang Jawa Timur pernah singgah atau sekadar lewat di waduk ini. Keindahan waduk di kala senja membuat wisatawan gemar berhenti sejenak di tepian waduk untuk melihat sunset.

Tapi, siapa sangka jika waduk yang berlokasi di Karangkates, Kec. Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur dulunya menjadi tempat pembantaian dan pembuangan mayat PKI. Tak jarang, sebagian orang mengaku mencium bau anyir di sekitar aliran sungai yang mengarah ke waduk. (trj/may)