Sering Merasa Gelisah? Yuk, Baca Doa Agar Hati Tenang

166

Pasuruan (WartaBromo.com) – Agama Islam mengajarkan penganutnya membaca doa dalam segala situasi, termasuk saat merasa gelisah. Pasalnya, doa menjadi salah satu senjata andalan selepas berusaha.

Rasa gelisah memang membuat orang yang merasakannya tidak nyaman. Hendak melakukan apapun rasanya tidak enak dan tidak tenang, bahkan cenderung mengganggu aktivitas.

Untuk itulah, Nabi Muhammad mengingatkan umatnya untuk senantiasa menjaga hati dan pikiran. Caranya, dengan memperbanyak zikir, mengingat Allah (Taqarrub) serta doa.

Lantas, bagaimana doa untuk menenangkan hati yang diajarkan Rasulullah?

Dilansir dari berbagai sumber, doa ini termaktub dalam hadis Shahih Bukhari dan tergolong dalam hadis mutawattir. Berikut doanya:

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung kepada-Mu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.” (HR. Bukhari).

Terkait kapan waktu yang tepat untuk membacanya, Nabi Muhammad SAW menganjurkan dibaca usai salat. Bisa juga pada malam hari sebelum tidur disertai dengan kemantapan hati pada Allah Swt. (trj/may)