Pemkab Probolinggo Dukung Trail di Laut Pasir Bromo, Asal…

653

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pemkab Probolinggo bakal mendukung gelaran Bromo Adventure Trail & Mountain Bike pada 28 Agustus nanti. Asal penyelenggara memiliki izin dari BBTNBTS dan adat Suku Tengger.

“BBTNBTS yang punya hak untuk memberikan izin, karena acara motor trail dan sepeda gunung digelar di lautan pasir Bromo, masuk zona di luar wilayah Pemkab Probolinggo,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Pemkab Probolinggo, Sugeng Wiyanto, Sabtu (23/7/2022).

Dukungan pemerintah daerah akan diberikan selama pelaksanaannya berlangsung di wilayah Kabupaten Probolinggo. “Mendukung acara sepanjang pelaksanaannya ada di wilayah Pemkab Probolinggo,” ujarnya.

Ia juga meminta pihak First One Jersey Factory, selaku penyelenggara untuk duduk bersama tokoh masyarakat Suku Tengger, termasuk Paruman Dukun Tengger. Karena kawasan tersebut dikenal sakral bagi Suku Tengger.

Baca Juga :   Cari Air Bersih, Pemkab Probolinggo Berencana Bor Lautan Pasir Bromo

Komunitas pecinta lingkungan dan pelaku usaha wisata di Bromo juga harus diajak bicara. “Jangan sampai acara tersebut mengganggu ekosistem, tempat sakral dan mengganggu aktivitas wisatawan,” tegas Sugeng.

Perwakilan First One Jersey Factory, Agus mengatakan, penyelenggara sudah menyiapkan skema penjagaan agar peserta tak nyelonong masuk ke tempat sakral dan konservasi. Serta akan memberikan informasi dan edukasi kepada peserta untuk menjaga kelestarian alam.

“Proses mengurus perizinan menggelar acara di kawasan wisata alam Gunung Bromo sudah berjalan. Kami akan melakukan pertemuan dengan mengundang pengelola wisata Gunung Bromo, bersama masyarakat, dan pihak yang menolak acara itu,” ujarnya. (lai/saw/asd)