Cara Menurunkan Berat Badan Anak yang Obesitas

337

Pasuruan (WartaBromo.com) – Selain orang dewasa, anak-anak juga berpotensi terkena obesitas. Apabila sudah demikian, maka orang tua harus segera mengambil tindakan untuk menurunkan berat badan anak.

Tapi, bagaimana caranya? Apakah harus mengurangi porsi makan anak? Tentu tidak, sebab cara tersebut sangat tidak dianjurkan dan berpotensi menimbulkan penyakit baru.

Menurut ahli kesehatan, dr. Rizal Fadli ada banyak cara sehat untuk menurunkan berat badan anak. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan pada dokter anak.

Kemudian, sebagai tindakan pendukung para orang tua harus meninjau dan melakukan perawatan pribadi kepada anak di rumah. Apa saja yang harus dilakukan?

1. Menetapkan Pola Makan Sehat

Orang tua harus mengajak anak untuk mulai menjalankan pola makan sehat. Pastikan anak mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari.

Baca Juga :   Berkilah Konsumsi Sabu Untuk Stamina, Pria Penjaga Tambak Ditangkap

Selain itu, batasi asupan gula atau pemanis buatan, hindari makanan cepat saji, dan siapkan porsi yang sesuai dengan kebutuhan anak. Bila tak cukup yakin dengan pembatasan-pembatasan yang sesuai kapasitas, maka konsultasikan dengan ahli gizi.

2. Batasi Waktu Nyemil Anak

Cara berikutnya yakni, mulai membatasi waktu camilan untuk anak. Pilihlah makanan sehat yang bisa diberikan pada anak sebagai camilan.

Mulai dari potongan buah segar, telur rebus, atau salad sayur. Camilan-camilan sehat tersebut bisa diolah menjadi berbagai sajian makanan agar anak tak bosan memakannya.

3. Jangan Paksa Anak Menghabiskan Makanan

Biasanya, anak akan menunjukkan beberapa tanda saat mereka merasa kenyang. Sebaiknya jangan memaksa anak jika sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut.

Baca Juga :   Kecelakaan Beruntun Truk, Xpander hingga Motor, 1 Pengendara Tewas

Jika anak sudah kenyang, hindari memaksa anak untuk menghabiskan makanan. Untuk menghindari makanan terbuang, ajarkan anak untuk mengambil makanan dalam porsi kecil.

Nah, bagi para orang tua yang ingin mengontrol berat badan anak agar tetap ideal, sebaiknya sediakan timbangan badan pribadi di rumah. Timbangannya bisa beli di sini. (trj)