Ketahui 5 Cara Penularan HIV/AIDS yang Rentan Terjadi

163

Pasuruan (WartaBromo.com) – Siapapun yang mendengar kata HIV/AIDS pasti bergidik ngeri. Pasalnya, HIV/AIDS adalah satu penyakit menular yang mengancam nyawa.

Kasus HIV dan angka kematian akibat AIDS secara global masih cukup tinggi. Memahami bagaimana cara penularan virus ini penting untuk mencegah penyakit beserta komplikasi HIV.

Lantas, bagaimana cara penularan HIV/AIDS yang rentan menular? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

  • Hubungan seks tanpa kondom. Virus di dalam darah, air mani, cairan vagina, atau cairan praejakulasi dari pengidap HIV dapat menginfeksi tubuh orang lain. Utamanya saat terjadi luka atau lecet pada kelamin.
  • Jarum suntik bekas. Penggunaan jarum suntik bekas secara bergantian juga termasuk cara penularan HIV/AIDS yang umum. Risiko ini tinggi khususnya di kalangan pengguna narkoba suntik.
  • Proses persalinan atau menyusui. Ibu hamil yang terjangkit HIV sebelum dan selama kehamilan dapat menularkan HIV kepada bayinya lewat tali plasenta. Ibu yang terjangkit HIV juga bisa menularkan virus pada bayi melalui ASI.
  • Seks oral. Penularan HIV dapat terjadi saat mengulum kelamin pasangan yang terinfeksi. Risiko penularan yang awalnya rendah bisa semakin besar jika cairan ejakulasi dikeluarkan di dalam mulut.
  • Transfusi darah dan cangkok organ. Transfusi darah langsung dari darah yang terinfeksi berisiko tinggi untuk menularkan virus HIV. Namun, penularan virus HIV melalui keduanya ini termasuk kurang umum. (trj)
Baca Juga :   Enam Parpol Baru “Sowan” ke KPU Probolinggo