Warga Mengeluh, Pasar Hewan “Dadakan” di Grati Bikin Jalanan Macet

303
Warga Mengeluh, Pasar Hewan

Grati (WartaBromo.com) – Sejumlah warga di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan mengeluhkan jalan di sekitar Pasar Grati Macet, Rabu (31/8/2022). Hal itu terjadi karena adanya pasar hewan yang meluber hingga ke tengah jalan desa.

Pantauan wartabromo di lokasi, sekitar pukul 07.30 WIB nampak sejumlah warga cekcok dengan pedagang hewan hingga menyebabkan kemacetan tepat di wilayah Pasar Grati, Kabupaten Pasuruan. Beberapa kendaraan juga nampak berhenti di tengah jalan tersebut.

Joko (42), warga setempat yang saat itu berada di lokasi mengatakan, suasana kemacetan sering terlihat sejak pasar hewan ditutup karena merebaknya wabah PMK. Banyak pedagang mulai dari penjual sapi, kambing hingga burung berpindah tempat ke sisi jalan.

Baca Juga :   Kejari Ikut Awasi Praktik Ningsih Tinampi

“Pasar hewan kan tutup, jadi kalau pasaran gini jadi macet jalannya,” kata Joko.

Hal serupa juga diungkap oleh Purnomo. Salah satu warga yang sering melewati jalan itu mengaku kesulitan jika melintas saat ada beberapa pedagang hewan di tengah jalan tersebut. Selain manghambat pengguna jalan, banyak kotoran hewan yang berada di jalanan.

“Duh mas, selain macet juga kotor kalau kaya gini, kotoran hewan juga ada dimana-mana,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan, Diano Vela Fery Santoso mengatakan, pihaknya mendesak satgas PMK melalui Dinas Peternakan agar bisa mengendorkan aturan minimal dibuka meski pengawasan dan screening ketat.

“Harapannya agar ekonomi masyarakat kembali bergerak,” tuturnya,

Baca Juga :   Besok, Ada Kenduren Mas Lho di Sini...

Ia menyebut, jika pihaknya masih menunggu rekomendasi tentang aturan penyebaran wabah PMK di Kabupaten Pasuruan. “Tanpa rekom dari satgas, Disperindag sebagai pengampu Pasar Daerah tidak bisa mengambil kebijakan,” tutup Diano. (don/may)