Dusun Kamar Kajang Terendam Banjir Lahar Dingin

264

Candipuro (WartaBromo.com) – Curah hujan tinggi yang terjadi di kawasan lereng Gunung Semeru menyebabkan banjir lahar dingin. Akibatnya, jalan nasional yang berada di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro terendam banjir kurang lebih satu meter, Minggu (11/9) pagi.

Ali Suud, salah satu relawan bencana di Desa Sumberwuluh mengatakan hujan dengan intensitas yang terjadi sejak Sabtu sore kemarin tidak berhenti hinggi pagi ini. Hal itu menyebabkan luapan air yang tinggi hingga membanjiri jalan nasional. Bahkan ketingiannya mencapai 1 meter.

“Hujan mulai kemarin jam 5 sore sampai sekarang ini masih belum reda,” ungkapnya.

Banyak kendaraan yang melintas terpaksa harus berhenti karena kondisi air yang semakin tinggi. Apabila dipaksakan, berpotensi menyebabkan kendaraan macet.

Baca Juga :   Patroli PPKM di Cafe, Petugas Temukan Pengunjung Reaktif hingga Pesta Miras

Warga sekitar yang rumahnya berlokasi dekat dengan jalan nasional dibantu para relawan membersihkan material yang terseret lahar dingin agar tidak menjadi penghambat aliran air.

“Air dari atas melawati jalan nasional, meluap dan besar, warga menyingkirkan batang pohon yan terseret dari atas agar tidak menjadi penghambat air,” imbuhnya.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak yang berwajib maupun dari BPBD setempat. (rul/may)