Copot Nico Afinta, Polri Tunjuk Teddy Minahasa sebagai Kapolda Jatim

419
Irjen Teddy Minahasa Putra.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mabes Polri mencopot jabatan Irjen. Pol Nico Afinta sebagai Kapolda Jatim. Sebagai gantinya, mabes menunjuk Irjen Pol Teddy Minahasa Putra.

Kepastian mutasi itu tertuang dalam surat edaran Kaporli ST/2134/XI/KEP 2022 tentang Pemberhentian dari Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri, Senin (10/10/2022).

Dalam surat tersebut, Irjen Nico Afinta dimutasi menjadi penasihat ahli sosial budaya (Sahlisosbud) Kapolri.

Sementara itu, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra yang disebut lama tinggal di Pasuruan ini menggantikan Nico Afinta, sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatra Barat.

“Irjen Pol Teddy Minahasa Putra Kapolda Sumbar diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Jatim,” isi kutipan dari surat tersebut.

Baca Juga :   Jelang Pileg, Kapolda Jatim Sidak Mapolsek dan Mapolres di Pasuruan

Diketahui juga, Teddy Minahasa Putra bukan nama baru di Jawa Timur, khususnya Kota Malang. Ia pernah menjabat sebagai Kapolresta Malang pada 2011.

Pria yang lahir pada 23 November 1970 juga pernah menjadi ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ia juga pernah menjabat Karopaminal Divpropam Polri.

Selanjutnya, Teddy Minahasa menjabat Kapolda Banten, Wakapolda Lampung, dan Staf Ahli Manajemen Kapolri, sebelum akhirnya menjabat Kapolda Sumbar. (don/asd)