Hati-hati, Ternyata Begini Ciri-ciri Orang yang Bohong Saat Bicara

292

Pasuruan (WartaBromo.com) – Berbohong memang kerap dilakukan orang dalam keadaan terhimpit. Namun, bila tindakan tersebut dilakukan terus menerus tentu tak baik.

Biasanya, orang yang sering berbohong akan lihai melakukan aksinya di berbagai kepentingan. Tapi tenang, selihai-lihainya tindakan manipulasi ternyata tetap bisa diketahui ciri-cirinya.

Dilansir dari berbagai sumber, seperti ini ciri-ciri orang yang berbohong:

1. Nada Bicara Tidak Stabil

Ciri pertama yakni nada bicara orang yang berbohong tidak stabil. Biasanya di awal-awal akan menunjukkan nada mantap, namun tak lama nada bicaranya turun.

2. Perubahan Gerak Bibir

Nada bicara yang tak stabil ini biasanya diikuti dengan perubahan gerak bibir, seperti mengerucut. Bisa juga tindakan lain seperti menggaruk hidung.

3. Berusaha Membangun Opini

Seseorang yang berusaha berbohong akan berupaya membangun opini. Hal ini dilakukan dengan mengarang cerita yang tidak masuk akal untuk menguatkan kata-katanya.

4. Terlalu Dramatis

Tujuan seorang berbohong tentu macam-macam, ada yang dilakukan demi kebaikan ada pula yang memang sengaja dilakukan. Nah, orang yang sengaja melakukan kebohongan sudah pasti akan bercerita dramatis.

5. Tak Sanggup Menjawab dengan Detail

Detail yang tak dapat diverifikasi dapat mengindikasikan kebohongan. Saat seseorang menceritakan cerita penuh detail yang terasa janggal dan sulit dikonfirmasi kebenarannya, mungkin saja cerita itu mengandung kebohongan. (trj)