Doa yang Dibaca Rasulullah Agar Hujan Tak Jadi Bencana

91

Pasuruan (WartaBromo.com) – Saat musim hujan tiba tak sedikit orang yang berdoa agar banjir tidak datang. Rasullullah pun mengajar umatnya untuk senantiasa berdoa dalam keadaan apapun.

Bahkan saat hujan tiba, kita diminta untuk membaca doa agar hujan tak berubah jadi bencana. Mengingat, saat hujan beberapa wilayah terancam diterjang banjir.

Lantas, bagaimana doanya? Dilansir dari nu.or.id, inilah doa yang bisa dibaca saat hujan deras agar hujan tidak mendatangkan banjir:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudharatkan). Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

Doa ini dibaca oleh Rasulullah saat khutbah Jumat berlangsung dan ketika seorang sahabat datang melapor terjadinya hujan deras selama enam hari.

Baca Juga :   Angin Kencang, Sejumlah Pohon Tumbang Tutup Rel KA di Rejoso

Sahabat tersebut mengatakan bila keadaan tersebut membuat masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas jalan. Setelah doa tersebut dibaca, berangsur-angsur hujan pun berhenti. (trj)