Antisipasi Banjir, Warga Bersihkan Enceng Gondok di Kali Wrati

113

Beji (WartaBromo.com) – Musim hujan segera tiba. Tak ingin kampungnya kebanjiran, warga di empat desa di Kecamatan Beji menggelar bersih-bersih sungai (23/10/2022).

Kali ini, lokasi kegiatan dipusatkan di Kali Wrati yang memang kerap menjadi biang banjir permukiman setempat. Yakni, Cangkringmalang, Kedungringin, Kedungbotoh, dan Tambakan.

Tumpukan tanaman enceng gondok yang memenuhi badan sungai dibersihkan. “Karena ini bisa memperlambat laju arus saat hujan nanti,” kata Henry Sulfianto, koordinator kegiatan.

Henry yang juga koordinator DAS Wrati menyebut, selama ini kondisi sungai yang membelah keempat desa itu sangat memprihatinkan. Sebab, selain pencemaran, sungai sepanjang 17 kilometer itu penuh oleh enceng gondok. Akibatnya, saat hujan tiba, daya tampung sungai tak maksimal.

Baca Juga :   Duh, Hutan Ini Dilepas Hanya Demi Tambang Sirtu

“Itu salah satunya yang menyebabkan banjir di empat desa ini. Makanya ini coba kami bersihkan,” katanya.

Henry berharap pembersihan tersebut bisa tuntas dalam 10 hari ke depan. “Saya juga meminta Pemkab dan BBWS untuk melakukan normalisasi karena sungai ini sudah dangkal. Ini tanggung jawab pemerintah,” jelasnya. (tof/asd)