Mampir di Kota Pasuruan, Komunitas VW dan Vespa Terima Sosialisasi Cukai dan Rokok Ilegal

48
Pecinta VW dan Vespa mendapatkan sosialisasi perundang-undangan cukai dan pemberantasan rokok ilegal saat berada di gedung Gradhika Kota Pasuruan. Foto : A. Romadoni

Pasuruan (WartaBromo.com)- Sosialisasi cukai dan gempur rokok illegal dilakukan ke seluruh sector. Tidak saja pada pertemuan terbatas. Namun, sudah menjangkau ke komunitas dan masyarakat umum.Seperti yang dilakukan Satpol PP Kota Pasuruan.Pihak yang mengelola Dana Bagi Hasil Cukai

Hasil Tembakau (DBHCHT) ini juga melakukan sosialisasi ke komunitas pecinta Volkswagen (VW) dan Vespa.Saat mampir ke Gradika Pasuruan pada Sabtu (29/10/2022) lalu, ratusan penikmat mobil dan motor tua ini juga diberikan sosialisasi tentang perundang-undangan cukai dan pemberantasan rokok illegal.

Dalam video yang ditayangkan dalam layar besar di Gedung Gradhika,Kepala Kantor Bea Cukai Pasuruan, Hannan Budiharto menyampaikan cukai merupakan pungutan yang dikenakan terhadap barang barang yang peredarannya perlu dibatasi, karena mengakibatkan dampak negatif kepada masyarakat.

Baca Juga :   Asah Mental Bertanding, Persekap Uji Coba Sore Ini

“Jadi fungsi utama Cukai adalah untuk membatasi peredaran barang-barang yang membahayakan kesehatan masyarakat. Saat ini barang yang dikenakan Cukai adalah Produk Hasil Tembakau, Ethyl.Alkohol dan minuman mengandung Ethyl Alkohol,” ujar Hannan dalam tayangan video.

Sedangkan dari sisi penerimaan, KPPBC Pasuruan merupakan penyumbang terbesar penerimaan cukai secara nasional. Tahun 2021, penerimaan BC Pasuruan sebesar Rp 52 triliun. Dan tahun 2022 sebesar Rp 65 Triliun.

Dari penerimaan tersebut, lanjut Hannan, kembali ke daerah melalui Pemkab Pasuruan dan Pemkot Pasuruan dalam bentuk DBHCHT.

“Karena itu Bea Cukai Pasuruan menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Pemerintah Kota dan Kabupaten Pasuruan serta seluruh masyarakat yang telah berperan serta dalam pencegahan dan pemberantasan rokok Ilegal dan memberikan suasana yang kondusif, sehingga perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Pasuruan bisa berkembang dalam menjalankan bisnisnya,” tegasnya.

Baca Juga :   Dewan Pertanyakan Kesiapan Pemkot Gunakan Hotel untuk Karantina Pasien Covid-19

Pawai VW dan Vespa saat itu dilepas Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di gedung Negara Grahadi Surabaya. Ratusan VW dan Vespa ini larut dalam kegiatan East Java VW dan Vespa Festival 2022. Mereka ikut memeriahkan rangkaian HUT Jawa Timur ke-77.

Saat tiba di Kota Pasuruan, pawai VW dan Vespa yang diiringi Gubernur disambut Walikota Saifullah Yusuf atau Gus Ipul beserta Wawali Adi Wibowo dan jajaran Forkopimda. Turut hadir di Pasuruan juga dai kondang asal Bojonegoro KH. Anwar Zahid. (don/*)