Dukung Tumbuh Kembang Anak, Ketua Forikan Kota Pasuruan Ajak Warga Gemar Makan Ikan

37

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kesehatan anak selalu jadi perhatian khusus bagi Pemkot Pasuruan. Berbagai upaya pun dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak di Kota Pasuruan semakin membaik.

Salah satunya dengan mengajak masyarakat mengkonsumsi ikan. Ajakan ini dilakukan oleh Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Pasuruan, Fatma Saifullah Yusuf.

“Kami mengajak masyarakat Kota Pasuruan agar meningkatkan konsumsi ikan karena ikan tidak hanya lezat, namun juga kaya manfaat dan nutrisi. Terutama bagi pertumbuhan anak-anak,” ujarnya dalam sosialisasi GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), Kamis (24/11/2022).

Menurut wanita yang akrab disapa Bunda Fatma tersebut, Ikan adalah salah satu jenis makanan yang paling sehat. Pasalnya, mengandung omega 3 dan 6 yang memiliki peran penting dalam perkembangan sel otak.

Baca Juga :   Pengelola Kafe Digebuk Pelanggan hingga Bule Jadi Tersangka Skimming ATM | Koran Online 13 Okt

“Pertumbuhan sel otak manusia sangat tergantung pada kadar omega 3 yang cukup sejak bayi dalam kandungan sampai balita,” jelasnya.

Oleh karena itu, Bunda Fatma menambahkan, sejak bayi dalam kandungan, ibu hamil perlu mengonsumsi ikan dalam jumlah cukup. Dan harus dikonsumsi sampai bayi yang dikandungnya dilahirkan.

Lebih lanjut ia memaparkan GEMARIKAN di Kota Pasuruan adalah satu wujud perhatikan Pemkot Pasuruan terhadap kesehatan warganya. Sebab, dalam kegiatan tersebut akan ada sosialasi terkait kesehatan masyarakat.

“GEMARIKAN di Kota Pasuruan perlu didukung dan disukseskan agar kita semua bisa bekerja sama untuk memantau pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak,” imbuh Bunda Fatma.

Sebagai informasi, sosialisasi GEMARIKAN ini pun bertepatan dengan Hari Ikan Nasional (Harkannas) Ke-9 Tahun 2022. Pada kesempatan ini pula, Bunda Fatma turut memasak olahan ikan bersama koki Kang Warto.

Baca Juga :   Istri yang Terseret Longsor di Tutur Ditemukan Meninggal Dunia

Hadir pula mendampingi Wakil Ketua 1 TP PKK Ani Adi Wibowo. Acara juga di isi dengan penyerahan secara simbolis kartu E-Pass kepada para nelayan. (trj/**)