Wabup Pilih Datangi Kegiatan Partai, Dewan Ogah Sahkan RAPBD Kabupaten Probolinggo 2023

72
Suasana rapat paripurna DPRD Kabupaten Probolinggo, Kamis (24/11/2022).

Probolinggo (WaraBromo.com) – DPRD Kabupaten Probolinggo mengurungkan pengesahan APBD 2023. Hal itu lantaran Wakil Bupati setempat, HA Timbul Prihandoko tidak hadir dalam sidang tersebut

Sidang paripurna itu digelar Kamis (24/11/2022) malam. Dimulai sekitar pukul 20.30 atau lambat 1,5 dari jadwal semula.

Keterlambatan itu karena peserta sidang menunggu kedatangan Wabup Probolinggo. Saat itu, pihak legislatif dihadiri lebih dari quorum yang ditetapkan dalam tata tertib sidang. Namun hingga rapat dimulai, Timbul tak kunjung tiba.

Kehadiran Wabup Timbul diwakilkan pada Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Soeparwiyono. Sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo turut mendampingi.

Hujan interupsi terjadi pasca Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo membuka sidang. Ia mempertanyakan ketidakhadiran Wabup Probolinggo yang memilih datang ke Yogyakarta untuk urusan partai.

Baca Juga :   Mbalelo, Eny Kusrini Di-PAW dari Kursi DPRD Probolinggo

Wibowo menyebut, agenda paripurna sangat penting karena menyangkut hajat hidup dan keberlangsungan Pemkab Probolinggo.  Karena itu, peserta sidang pun sepakat untuk tidak meneruskan agenda pengesahan RAPBD 2023.

 “Sidang ditunda karena ketidakhadiran wabup lantaran ada agenda partai politik di Yogyakarta,” kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Oka Mahendra Jati Kusuma.

Oka mengatakan, penundaan itu mengacu pada pasal 91 Tata Tertib Dewan Nomor 1 Tahun 2020 dijelaskan bahwa dalam penandatangan Raperda atau APBD harus dihadiri langsung oleh bupati maupun wakil bupati. Dengan begitu, seharusnya Wabup Probolinggo hadir.

“Berdasarkan kesepakatan bersama,sidang paripurna dalam agenda pengesahan APBD 2023 ditunda. Karena ketidakhadiran dari Wakil Bupati Probolinggo. Ditunda hingga Wabup Timbul Prihanjoko hadir dalam sidang tersebut,” tandas Oka.

Baca Juga :   KPU-Bawaslu Kabupaten Probolinggo Bantah Tudingan PKB

Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Soeparwiyono mengamini, jika wabup berada di Yogyakarta. Namun, tidak disebutkan secara detail agendanya. Ia pun diminta oleh Wakil Bupati Probolinggo untuk mewakilinya dalam sidang paripurna.

“Saya tidak tau agenda partai apa. Cuma saya dapat surat kuasa untuk mewakili wabup untuk menghadiri agenda rapat paripurna malam ini,” ucap pejabat yang bakal pensiun pada akhir Desember itu. (saw/asd)