Perutmu Buncit karena Kebanyakan Minum Alkohol? Ini Cara Mengatasinya

133

Pasuruan (WartaBromo.com) – Para pria yang sering mengkonsumsi alkohol akan mengalami berbagai masalah kesehatan, salah satunya perut buncit. Untuk mengatasinya pun tidak mudah.

Kondisi ini juga disebut dengan beer belly dan bisa meningkatkan risiko obesitas. Bahkan dilansir dari kompas.com, sebuah penelitian menunjukkan sebanyak 26% pria di Inggris mengalami kelebihan berat badan.

Nah, bagi Bolo yang juga mengalami masalah tersebut, jangan putus asa. Ada cara mengatasinya yang mudah dilakukan sebagaimana berikut:

1. Konsumsi Sarapan Tinggi Lemak

Cara mengatasi perut buncit akibat kebanyakan minum alkohol yang pertama adalah dengan mengkonsumsi sarapan tinggi lemak. Misalnya, buah-buahan seperti alpukat, bisa juga telur maupun sosis.

Baca Juga :   Kegiatan Adat Dibubarkan, Warga Ranupani Protes Hingga Rusak Fasilitas Desa

Komposisi sarapan tersebut akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat tubuh membakar lebih banyak lemak di perut. Nah, makanan tersebut bisa membantu mengubah lemak jadi energi.

2. Latihan Beban untuk Membentuk Otot

Massa otot dapat membantu meminimalisasi bahaya lemak visceral dengan mengekstrak glukosa dari darah. Bisa juga membantu hati memproses asam lemak dan mengurangi peradangan.

Selain itu, latihan beban juga bisa dilakukan pada ruangan di suhu dingin. Sebab, suhu dingin bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Menurut penelitian, feses yang menggumpal dan keras mengandung bakteri baik yang lebih sedikit. Atasi dengan konsumsi serat harian sebanyak 10 gram karena dapat meningkatkan mikrobiota tubuh. (trj)