Ciri-ciri Beras yang Mengandung Pemutih dan Tak Layak Konsumsi

248

Pasuruan (WartaBromo.com) – Cuaca esktrim membuat kualitas beras kurang bagus sehingga harganya anjlog. Akhirnya, tak jarang beberapa oknum sengaja menjual beras yang diberi pemutih agar harga jual tinggi.

Sebab, beras dengan butiran berwarna putih susu pasti lebih menarik dibanding yang masih berwarna kekuningan. Mengapa? karena beras yang berwarna putih dianggap memiliki kualitas super punel.

Padahal, tak semua beras yang berwarna putih kualitasnya bagus. Dilansir dari berbagai sumber, ini ciri lain beras yang mengandung pemutih:

1. Ketika Diraba Terasa Licin

Beras yang ketika diraba licin di telapak tangan, ini dapat dicurigai kalau beras tersebut mengandung pemutih. Berbeda dengan beras yang berwarna putih tetapi ketika di raba terasa sedikit kasar.

Baca Juga :   Data 4 Tahun Lalu, Jadi Acuan Pembagian Raskin di Pasuruan

2. Mengeluarkan Bau Kurang Sedap Bila Disimpan dalam Waktu Lama

Ciri-ciri beras yang mengandung pemutih berikutnya adalah mengeluarkan bau kurang sedap. Bau ini akan muncul bila beras di simpan dalam waktu lama.

3. Ketika Dicuci Air Tidak Keruh

Cara paling mudah mengenali beras yang mengandung pemutih adalah ketika dicuci airnya tidak keruh. Bahkan, saat diremas dengan tangan menggunakan air, tekstur beras terasa licin.

Nah, daripada khawatir beli beras yang mengandung pemutih di pasaran, Bolo lebih baik membeli beras di sini. (trj)