Yuk, Kenali 3 Tanda KB Implan yang Tak Cocok di Tubuh Bunda

1639

Pasuruan (Wartabromo.com) – Para wanita yang sudah berumah tangga sebagian pasti ada yang ingin mencegah kehamilan. Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya dengan KB implan.

KB implan merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang efektif untuk mencegah kehamilan. Namun, tidak semua wanita cocok menggunakan jenis KB ini.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah tanda-tandanya:

1. Terjadi Perdarahan Hebat pada Vagina

Pasca pemasangan KB implan, maka vagina sangat wajar bila mengalami perdarahan. Biasanya, perdarahan ini terjadi dalam 1 bulan setelah pemakaian.

Namun, lain halnya bila darah yang keluar sangat banyak dan sering. Apalagi jika sampai lewat dari 1 bulan, kemungkinan besar hal tersebut jadi tanda KB implan tak cocok.

2. Mengalami Alergi

Tanda sederhana yang paling umum bila seseorang tak cocok pasang KB implan adalah mengalami alergi. Gejala alergi ini terjadi karena tubuh tak mampu menerima zat asing yang berbahaya.

Alerginya pun bisa beragam, mulai sesak napas, muncul bintik merah disertai gatal hingga pembengkakan pada wajah. Bila sudah bengkak, segera konsultasikan dengan dokter.

3. Muncul Gejala Depresi

Tanda KB implan tak cocok di tubuh yang terakhir adalah muncul gejala depresi. Penurunan suasana hati secara drastis mungkin disebabkan oleh perubahan hormon.

Adapun gejala depresi tersebut berupa gangguan tidur (insomnia), tubuh terasa lemah, dan perasaan lelah yang tidak kunjung hilang. (trj)