TV Analog Disuntik Mati, Harga STB di Pasuruan Jadi Mahal

354

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemerintah telah menonaktifkan TV Analog di wilayah Jawa Timur. Imbasnya, harga set top box (STB) di Pasuruan juga ikut naik.

Hasil pantauan wartabromo.com di wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan, harga STB mulai mengalami kenaikan sejak beberapa hari sebelum informasi TV analog dimatikan. Puncaknya, Rabu (21/12/2022) mengalami kenaikan signifikan.

“Harganya sudah naik sekarang,” kata Teddy Budiono, pemilik toko elektronik yang menjual STB di Jalan Raden Patah, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Menurutnya, untuk harga STB saat ini masih menyesuaikan merek. Berkisar antara Rp200 ribu – Rp300 ribu per satu STB. Sementara harga sebelumnya hanya antara Rp170 ribu – Rp200 ribu.

Baca Juga :   Warga Kota Pasuruan Mulai Terima Bantuan STB TV Digital

“Naiknya bervariasi, antara Rp70 ribu – Rp100 ribu tergantung merek,” jelasnya.

Sementara itu, kenaikan harga STB juga terjadi di toko elektronik di wilayah Pasar Ranggeh, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Per satu STB dihargai mulai dari Rp270 ribu – Rp300 ribu, naik dari harga sebelumnya yang hanya berkisar Rp180 ribu – Rp200 ribu.

“Harga segitu aja banyak yang mencari. Ini aja sebelum toko buka tadi banyak yang antri hingga kehabisan stok,” kata Firmansyah, salah satu karyawan di toko elektronik tersebut. (don/may)