Belasan Pohon di 9 Kecamatan Bertumbangan Diterjang Angin Kencang

247
Belasan pohon bertumbangan usai diterjang angin kencang, Jumat (23/12/2022).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota maupun Kabupaten Pasuruan, Jumat (23/12/2022) malam. Akibatnya, belasan pohon dilaporkan tumbang

Dari informasi yang didapat WartaBromo.com, sebanyak 17 pohon tumbang di jalanan, pasar, hingga permukiman warga. Rinciannya, 12 titik di Kabupaten Pasuruan dan 5 titik di Kota Pasuruan.

Ridwan Harris, kepala BPBD Kabupaten Pasuruan mengatakan, pohon tumbang diakibatkan angin kencang dan hujan deras. Ia katakan, 12 titik pohon yang tumbang tersebar di 6 Kecamatan.

“Banyak pohon tumbang selain karena anginnya kemarin lumayan kencang juga banyak pohon rata-rata sudah berumur tua,” kata Harris sata dikonfirmasi Sabtu (24/12/2022).

Di Kecamatan Bangil disebut ada 4 titik, yakni di Alun-Alun Bangil, di jalan raya Kalirejo, di jalan Kampung Lumpang Bolong, serta pohon tumbang di belakang Pasar Bangil yang menimpa kios.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Gempol, 3 titik pohon tumbang sempat menutupi jalam di jalan raya Kejapanan, Bypass Desa Winong dan Desa Karangrejo. Untuk wilayah Kecamatan Beji, sebuah pohon tumbang di Desa Kenep dan satu pohon  doyong hampir rubuh di Desa Ngglanggang.

Selain itu, pohon tumbang terjadi di Desa  Gambiran, Kecamatan Prigen, dan Desa Pekoren, Rembang.

“Kalau pohon tumbang di jalan utama sudah diatasi semua, tinggal di belakang pasar Bangil, harus pakai crane karena menimpa kios, nunggu pemiliknya juga takutnya ada barang berharga di dalam,” tandasnya.

Dari peristiwa itu, Harris memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian belasan pohon tumbang.

Sementara itu, 5 titik pohon tumbang juga terjadi di 3 Kecamatan di Kota Pasuruan. 5 diantara yakni, dii Kecamatan Panggungrejo, pohon tumbang sempat menutupi jalan di depan Kantor Pemkot Pasuruan, Kelurahan Pekuncen.

Pohon besar juga tumbang di halaman rumah di jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kelurahan Petamanan, Kecamatan Panggungrejo. Untuk Kecamatan Gadingrejo, ada 2 titik pohon tumbang berada di jalan Perum Nuansa Candi 2, Kelurahan Petahunan dan di jalan KH Sepuh, Kelurahan Gentong.

Sedangkan di Kecamatan Purworejo, satu pohon tumbang terjadi di jalan Urip Sumoharjo kawasan Kebon Mangga, Kelurahan Pohjentrek.

“Semua pohon tumbang sudah ditangani semua, untuk korban jiwa juga nihil,” kata Samsul Hadi, Kepala BPBD Kota Pasuruan. (don/asd)