Ribuan Hindu Tengger Rayakan Kuningan

237
Perayaan Kuningan oleh masyarakat Hindu Tengger, Sabtu (14/1/2023).

Sukapura (WartaBromo.com) – Ribuan umat Hindu Tengger di lereng Gunung Bromo merayakan Hari Raya Kuningan, Sabtu (14/1/2023.

Di Kabupaten Probolinggo, perayaan Kuningan diikuti umat Hindu yang terkonsentrasi di dua kecamatan yakni Sukapura dan Sumber. Mereka melakukan puja dan pemujaan di Pura Poten Luhur di lautan pasir Bromo.

“Tujuannya adalah memohon keselamatan, perlindungan dan tuntunan lahir batin kepada Sang Hyang Widhi,” kata Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo, Bambang Suprapto.

Inti dari perayaan ini, adalah meminta perlindungan dari Sang Pencipta. Terhindar dari segala bentuk bencana yang berpotensi terjadi. Baik bencana alam maupun bencana non alam.

“Kami merayakan Kuningan sebagai ucapan terima kasih kepada Sang Hyang Widhi atas segala karunia yang diberikan kepada kami,” kata Sunarip, warga Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura.

Baca Juga :   Muslim Tengger Turut Amankan Nyepi di Lereng Bromo

Sebelum merayakan Kuningan, Umat Hindu merayakan Hari Galungan pada 4 Januari lalu. Galungan diperingati untuk menyatukan kekuatan rohani supaya mendapat pikiran dan pendirian yang tenang.

Sedangkan Kuningan adalah untuk memohon keselamatan, perlindungan, dan tuntunan lahir batin kepada Sang Hyang Widhi Wasa. (lai/saw/asd)