Hampir Setengah Abad Beroperasi, Lembaga Pemantau Antariksa di Pasuruan Ditutup

489
Kantor LAPAN di Catat, Gempol, Kabupaten Pasuruan. Lembaga pemantau antariksa ini ditutup setelah hampir setengah abad beroperasi.

Gempol (WartaBromo.com) – Aktivitas pengamatan antariksa kini tak bisa lagi dilakukan dari Kabupaten Pasuruan. Pasalnya Kantor Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pasuruan berhenti beroperasi.

Berdasar Nota Dinas berkop Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), kantor LAPAN yang berada di Desa Carat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, berhenti operasional sejak 1 Januari 2023.

Koordinator Pelaksana Fungsi Stasiun Observasi Antariksa dan Atmosfer Pasuruan (BRIN Pasuruan), Dian Yudha Risdianto mengatakan, wacana penutupan kantor BRIN Pasuruan sebenarnya sudah berhembus sejak pertengahan tahun 2022 lalu.

Barulah pada akhir Desember tahun 2022 kemarin surat dari BRIN Pusat turun yang menyatakan tidak ada lagi aktivitas kantor di LAPAN Pasuruan.

Baca Juga :   Kunjungi BRIN, Wakil Ketua DPRD Andri Wahyudi Wacanakan Ada Budidaya Ulat Sutra di Pasuruan

“Sebenarnya secara tertulis alasan penutupan itu tidak pernah disampaikan ke kami. Kemudian ada surat seperti itu,” kata Yudha, Rabu (01/02/2023).

Dalam instagram @brinpasuruan, unggahan terakhir dibanjiri komentar perpisahan. Banyak warganet yang menyayangkan kebijakan penutupan kantor ini.

Kantor LAPAN atau yang kini disebut sebagai Kantor BRIN Pasuruan telah berdiri sejak tahun 1983. Ada banyak sekali aktivitas riset dan edukasi antariksa di sana.

Setiap tahun, LAPAN rutin melakukan aktivitas seperti pengamatan gerhana matahari, lalu pengamtan rukyatul hilal pada awal bulan Ramadan dan Syawal.

Yudha melanjutkan, saat ini semua pegawai yang bekerja di Kantor LAPAN Pasuruan sudah pindah memilih tempat masing-masing.

“Ada yang pindah ke Surabaya, Purwodadi, Bandung. Mereka mulai dari awal lagi akhirnya,” imbuh Yudha. (tof/asd)