Gunung Semeru Kembali Erupsi, Luncurkan Awan Panas Guguran 6 KM

363

Lumajang (WartaBromo.com) – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang kembali meluncurkan material Awan Panas Guguran (APG) pukul 12.44 WIB, Minggu (5/2/2023).

Dari laporan relawan bencana di Curah Kobokan, Sugianto mengatakan awan panas guguran terjadi sekitar pukul 12.44 WIB. Dalam pesan suara yang disampaikan, Sugianto mengimbau warga yang sedang beraktifitas di zona merah untuk waspada dan berhati-hati.

“Saat ini pukul 12.44, Bahwa telah terjadi APG, saat ini masih berlangsung, mohon segera waspada dan berhati-hati, saya juga memantau posisi APG,” ungkapnya.

Sementara laporan yang disampaikan Pos Pengamatan Gunungapi Semeru melalui Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang, Kustari, telah terjadi erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur pada tanggal 05 Februari 2023 pukul 12:42 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.500 m di atas puncak (± 5.176 m di atas permukaan laut).

Nampak kolom abu teramati berwarna putih, kelabu, hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah utara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi ± 15 menit. APG mengarah ke tenggara selatan (Kalilanang), jarak luncur 6km dari puncak.

BPBD Kabupaten Lumajang mengimbau masyarakat di sekitar lereng Gunung Semeru untuk selalu waspada.

“Asap/abu APG mengarah ke arah utara G Semeru kemungkinan daerah terdampak abu adalah daerah Sumber Mujur, Pasru Jambe Penanggal dan Senduro, agar selalu waspada,” ungkap Kustari. (Rul/may)