Gus Seniman ‘Walisongo’ Kapundut

2477

Purwosari (WartaBromo.com) – Kabar duka menyelimuti Pondok Pesantren Walisongo Dusun Rejoso Desa Sumberejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, Minggu (5/2/2023) siang. Sang pengasuh Gus Fakhrurrozi Kapundut!.

‘Innalillahi wainnailaihi rojiun..
Sampun kapendet guru Kulo panjengan sedoyo Gus Rozi Rejoso Purwosari Ponpes Wali Songo.
Semoga amal ibadah diterima dan diampunkan kekhilafannya. Amin’

Narasi tersebut berseliweran sekira pukul 11.00 WIB. Hingga akhirnya dibenarkan oleh kerabat dan orang – orang terdekat.

Informasi yang didapatkan, Pengasuh Ponpes Walisongo tersebut sempat dibawa ke RS Prima Husada sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.

“Ndadak mas, ” ujar Saiful Anwar, salah seorang santri yang kerap ngaji bersamanya.

Prosesi pemakaman jenazah Gus Rozy dilakukan di komplek pesantren di Dusun Rejoso Desa Sumberejo Kecamatan Purwosari sekira pukul 14.00 WIB.

Gus Fakhrurrozy dikenal sebagai sosok Santri Seniman, Alumni Ponpes Lirboyo terebut gemar melukis dan menulis. Salah satu cerpen pertamanya yang sangat dikenang saat diwawancarai oleh wartawan yakni Sampaikan Salamku ke hadapan Tuhan’. Sebagai besar karyanya berisi cerita tentang tasawuf, cinta, kritik sosial, politik.

Kepergian untuk selamanya, tentu membuat duka para santrinya yang baru saja beberapa tahun ini menempati komplek Ponpes baru karyanya. Ponpes dengan nuansa jawa khas pesantren yang ada di lereng Arjuna tepatnya di Dusun Rejoso Desa Sumberejo. Selama jalan Gus! (yog/yog).