Begini Kronologi Lengkap Kecelakaan Dua Bus Rombongan TK Sepulang dari TSI di Prigen

1420
Bus pariwisata yang alami kecelakaan di Watuagung, Kecamatan Prigen.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Dua bus wisata alami kecelakaan usai menggelar rekreasi di Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Kabupaten Pasuruan, Selasa (14/2/2023).

Saat melewati turunan menuju Jalan Raya Surabaya-Malang, tepatnya di Desa Watuagung, salah satu bus mengalami rem blong.

Kasat Lantas Polres Pasuruan, AKP. Yudianto Putra menjelaskan kronologi bagaimana peristiwa yang menyebabkan 15 korban luka itu terjadi.

“Rombongan ada tiga bus,” kata Kasat Lantas kepada para wartawan.

Menurut Kasat, ketiga bus yang membawa rombongan TK-PAUD asal Kabupaten Blitar itu keluar dari TSI sekitar pukul 17.00 WIB. Setengah jam berjalan, bus ketiga yang ada di bagian belakang tiba-tiba alami rem blong.

Jalan yang menurun dengan kemiringan 7 derajat plus basah karena diguyur hujan membuat bus tersebut melaju kencang.

“Sopir sudah berusaha mengerem, tapi tidak bisa. Sudah dicoba pakai handrem juga tidak bisa,” jelas Kasat.

Laju bus pun kian tak terkendali. Hingga akhirnya bus tersebut menabrak bus kedua yang ada di depannya. Beriringan, kedua bus pun terus melaju sampai kemudian menabrak musala serta dua rumah warga.

Sementara bus berhenti dengan posisi terguling, terdengar suara teriakan dari para penumpang yang didominasi anak-anak itu. Warga sekitar pun berusaha memberikan pertolongan.

Kasat menyebutkan, data sementara, 15 penumpang dikabarkan luka akibat kejadian ini. Belasan korban itu dibawa ke rumah sakit terdekat.

“Hasil pemerikaaan di lapangan memang tidak ditemukan tanda-tanda pengereman,” jelas Kasat. (don/asd)