Di Balik Romantisnya Ternyata Inilah Bahaya Sleep Call Bagi Kesehatan

275

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi pasangan yang menjalani Long Distance Relationship (LDR) pasti pernah atau bahkan sering melakukan sleep call. Walau dianggap romantis dan bisa mempererat komunikasi, tapi hal ini berdampak buruk bagi kesehatan.

Banyak orang berpendapat bahwa sleep call bakal membantu seseorang untuk bisa tertidur lebih nyenyak dan merasa tak sendiri. Sekilas pun sleep call terlihat tak berbahaya.

Namun, dilansir dari alodoc.com, inilah bahaya sleep call bagi kesehatan:

1. Risiko Kanker

Radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel bisa mendatangkan risiko kanker. Pasalnya, paparan radiasi elektromagnetik yang dihasilkan dari frekuensi ponsel tidak baik untuk rangsang otak dan kulit.

Bahkan, Menurut WHO, radiasi oleh elektromagnetik dari ponsel berpotensi punya sifat karsinogenik. Meski belum ada data akurat tentang hal ini, sebaiknya perlu diwaspadi.

Baca Juga :   Banyak Dicari saat Pandemi, Harga Degan Ijo di Kota Pasuruan Tembus Rp50 ribu per buah

2. Merusak Penglihatan

Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel buruk untuk penglihatan. Paparan cahaya biru dapat memengaruhi jam tubuh internal dan membuang ritme sirkadian.

Untuk diketahui, sebuah penelitian telah menemukan korelasi antara tingkat melatonin yang ditekan dan paparan cahaya biru. Melatonin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengontrol siklus tidur-bangun manusia.

3. Mengganggu Kesehatan Mental

Terus-menerus terhubung dengan ponsel di malam hari dapat mengganggu kesehatan mental. Penggunaan telepon seluler di malam hari dapat mempengaruhi suasana hati dan meningkatkan stres. (trj)