Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan Bersama Bumdesma Tosari Peches Arum

107

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pentingnya Sosialisasi program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat, khususnya bagi pekerja dan anggota Bumdesma Tosari Peches Arum diselenggarakan di Kantor Desa Tosari. Hal ini sebagai salah satu upaya tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya bersama Dinas DPMD Kabupaten Pasuruan, Rabu (22/2/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Tosari, Direktur Bumdesma Tosari serta 70 Ketua Kelompok BUMDESMA Tosari Peches Arum.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan, Trioki yang diwakilkan oleh Tim Kepesertaan menyampaikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan hadir dalam melindungi pekerja informal yang ada di desa-desa untuk perlindungan sosial dari resiko yang tidak diinginkan.

Disampaikan juga tujuan dari pada Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan pekerja Indonesia. Yang mana BPJS Ketenagakerjaan telah mengadakan lima program. Di antarannya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Dijelaskan pula manfaat berupa santunan meninggal yang disebabkan Kecelakaan Kerja sebesar minimal Rp 70 juta dan santunan Kematian sebesar Rp 42 juta bagi peserta yang meninggal bukan karena hubungan kerja, serta beasiswa untuk 2 orang anak mulai dari jenjang pendidikan dasar (TK) hingga perguruan tinggi maksimal Rp 174 juta.

“Selain itu, menurut Undang –Undang No 24 tahun 2011, tujuan dari pada program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) terutama yang ini wajib dipunyai oleh pekerja, yaitu untuk menghindarkan masyarakat dari kemiskinan,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Tosari menghimbau bahwasanya dengan diadakan sosialisasi ini diharapkan kepada seluruh pekerja bisa menjadi peserta wajib jaminan sosial ketenagakerjaan. Khususnya seluruh anggota dari masing-masing Ketua kelompok yang mengajukan pinjaman modal usaha kecil mikro/umkm, agar dapat menjadi anggota peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, andil dari Bumdesma sangat diperlukan. Pekerja atau buruh tani, pedagang, sopir jeep, dan pelaku pariwisata bersinergi membantu menyukseskan terselenggaranya program jaminan sosial ketenagakerjaan. Melalui  Bumdesma Tosari Perches Arum ini juga dapat memfasilitasi pembayaran sebagai penjebatan seluruh calon dan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ada di Wilayah Tosari untuk mempermudah jangkauan pembayaran iuran.

Selain itu, pemateri juga menyampaikan informasi kepada masyarakat bahwa yang ingin menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat mendatangi langsung ke kantor Bumdesma Tosari Peches Arum untuk lebih mudah dijangkau. Atau bisa juga di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan yang terdekat.

Trioki mengatakan, jalinan sinergitas Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Kecamatan dan Desa serta Bumdes/Bumdesma dan BUMD di bawahnya sangat berperan dalam meningkatkan coverage perlindungan pekerja pada program BPJS Ketenagakerjaan di seluruh ekosistem desa dan sinergitas ini akan terus berlangsung.

“BPJS Ketenagakerjaan siap mendukung terlaksananya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja di Kabupaten Pasuruan. Hal ini sejalan dengan hadirnya negara dengan peran perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dalam mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh pekerja Indonesia,” pungkas Trioki. (day/*)