Kelebihan Pengawetan Makanan dengan Menggunakan Radiasi

1160

Pasuruan (WartaBromo.com) – Ada sejumlah kelebihan pengawetan makanan dengan menggunakan radiasi yang belum dipahami masyarakat. Tak lain disebabkan kesalahpahaman masyarakat akan istilah radiasi yang sering dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya.

Padahal, radiasi ini merupakan teknik pengawetan makanan mutakhir yang pada prosesnya memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Dimana bertujuan untuk menghilangkan mikroba dan organisme lain yang berpotensi menyebabkan kebusukan pada makanan.

Maka kemudian agar Bolo Warmo tidak penasaran dan lebih paham tentang kelebihan pengawetan makanan dengan menggunakan radiasi, inilah kelebihannya dilansir dari simdos.unud.ac.id:

1. Makanan Tidak Cepat Membusuk

Hal pertama yang menjadi aspek unggul dari metode pengawetan makanan dengan menggunakan metode radiasi adalah makanan menjadi lebih awet dan mudah dilakukan pengontrolan.

Baca Juga :   Kaktus, Tanaman Duri Penangkal Radiasi

Itu terjadi karena dengan metode radiasi, maka mikroba yang menyebabkan makanan membusuk dimatikan. Tidak hanya mikroba, organisme lain yang ikut terbawa makanan pun juga turut dibasmi sehingga mengurangi resiko penyakit yang dapat ditimbulkan.

2. Tidak Meninggalkan Residu dari Proses Pengawetan

Proses pengawetan makanan dengan menggunakan metode radiasi juga diyakini tidak menimbulkan residu atau zat sisa sehingga lebih aman. Di samping itu, teknik ini juga dianggap lebih ramah bagi lingkungan.

3. Pengemasan Makanan Lebih Fleksibel

Lanjut pada poin ketiga, teknik pengawetan dengan menggunakan radiasi juga memiliki fleksibilitas dari segi pengemasan makanan. Sebab, metode ini tetap bisa diterapkan, sekalipun pada makanan yang dikemas dengan menggunakan kemasan yang tidak tahan panas.

Baca Juga :   List Ponsel Terbaru yang Bakal Rilis 2023, Mana yang Kamu Incar?

Itulah terkait kelebihan pengawetan makanan dengan menggunakan radiasi yang harus Bolo Warmo ketahui. Setelah menyimak dengan baik, maka sekarang tidak perlu takut lagi dengannya, karena terbukti aman dan efektif dalam pengawetan makanan. (trc/trj)