Cara Mengelola Keuangan bagi Guru, Dijamin Pensiun Sejahtera

85

Pasuruan (WartaBromo.com) – Setiap orang termasuk guru pasti menginginkan kondisi keuangan yang baik agar saat pensiun sejahtera dan terhindar dari kesulitan finansial. Apalagi, di Indonesia gaji guru dianggap jauh dari kata sejahtera.

Maka, kemampuan mengelola keuangan perlu diperhatikan oleh para guru. Tak lain agar pemenuhan kebutuhan sehari-hari hingga jaminan masa tua aman.

Lantas, bagaimana cara mengelola keuangan bagi para guru? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Buat Rancangan Keuangan (Financial Planning)

Membuat rancangan keuangan atau financial Planing adalah suatu hal perlu diperhatikan oleh seorang guru dalam mencukupi kebutuhannya. Adanya rancangan keuangan akan mempermudah seseorang dalam meraih tujuan.

Dengan begitu, seorang guru dapat mempertimbangkan efek jangka pendek dan jangka panjang atas tujuan hidup dari keputusan finansial planning. Hal itulah, yang mempermudah seseorang untuk beradaptasi atas perubahan hidup dan karenanyalah akan menimbulkan perasaan aman.

Baca Juga :   Honor GTT/PTT di Probolinggo Capai Rp55,5 miliar

2. Catat Pengeluaran

Hal yang perlu diperhatikan bagi seorang guru khususnya guru honorer adalah mencatat pengeluaran. Memang terdengar hal sepele namun inilah yang terpenting.

Dengan mencatat pengeluaran, seseorang secara otomatis akan mengetahui kebutuhan mana yang mengeluarkan anggaran lebih banyak dan mana yang minim. Hal itulah, yang bakal menjadikan seorang guru bijak dalam mengelola anggaran keuangan.

3. Tambah Penghasilan

Penghasilan tambahan untuk menambah kondisi keuangan. Namun perlu diingat, pekerjaan sampingan janganlah sampai menganggu pekerjaan utama, yaitu menjadi seorang pendidik yang baik.

Nah, itu tadi beberapa cara mengelola keuangan bagi para guru. Jika keuangan para guru baik, maka guru akan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik pula. (tra/trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.