Pemkab Lumajang Siapkan Hampir Rp11 Milyar Untuk Jalur Alternatif Pasirian – Tempursari

320
Pemkab Lumajang Siapkan Hampir Rp11 Milyar Untuk Jalur Alternatif Pasirian - Tempursari

Pasirian (WartaBromo.com) – Setelah menunggu bertahun-tahun, akhirnya jalur alternatif penghubung Kecamatan Pasirian – Kecamatan Tempursari via Gondoruso akan segera dibangun. Saat ini, proses perencanaan pembangunan jalan tersebut telah memasuki tahap lelang proyek.

Diketahui, jalan dengan panjang kurang lebih 6,8 kilometer itu, akan melewati kawasan hutan dengan medan perbukitan. Dengan lebar sekitar 3 meter, jalan itu nantinya akan memakai konstruksi cor setebal 20 cm.

“Ini anggarannya sekitar Rp10,8 Miliar, nanti dibangun dengan lebar 3 meter. Akan dicor dengan ketebalan 20 cm, pinggirannya juga akan dibenahi agar tidak terjadi longsor,” terang Bupati Lumajang, Thoriqul Haq usai kunjungan kerja di Kecamatan Tempursari beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   Setahun Pimpin Lumajang, Bupati-Wabup Disambati Got Mampet hingga Biaya Rekreasi Anak

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Lumajang, Agus Siswanto mengatakan pembangunan akan dilaksanakan setelah proses administrasi dan lelang proyek selesai. Diperkirakan bisa mulai eksekusi pada awal Bulan Mei 2023 mendatang.

“Paling tidak pembangunan ini dimulai setelah lebaran, karena sekarang masih lelang. Terus kita masih proses pembersihan jalurnya, itu mungkin pas puasa jadi kita sesuaikan dulu,” pungkasnya.

Diketahui, jalur penghubung kedua kecamatan itu terputus lantaran abrasi pantai selatan beberapa tahun silam. Sejak saat itu, pengendara roda empat harus memutar jalur puluhan kilometer untuk menempuh jarak antara Kecamatan Tempursari dan Kecamatan Pasirian. Sementara, untuk pengguna roda dua, harus merasakan sulitnya medan melalui jalur alternatif. (rul/may)