Ekonomi Kota Pasuruan Naik, Lapangan Usaha Tunjukkan Tren Positif

320

Pasuruan (WartaBromo.com) – BPS Kota Pasuruan mencatat ekonomi Kota Pasuruan tahun 2022 mengalami kenaikan. Kenaikannya mencapai 6,22 persen.

Kepala BPS Kota Pasuruan, Sri Kadarwati mengungkapkan, perekonomian Kota Pasuruan sempat menunjukkan tren negatif saat pandemi Covid-19 tahun 2020.

“Tapi di tahun 2021 terus merangkak naik,” kata Sri, Jumat (03/03/2023).

Pada tahun 2022, dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha transportasi dan pergudangan sebesar 18,57 persen.

Kemudian diikuti industri pengolahan sebesar 8,22 persen dan perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 7,84 persen.

Sedangkan dari struktur ekonomi, perekonomian Kota Pasuruan ditopang lima lapangan usaha yakni perdagangan besar dan eceran; reparasi mobil dan sepeda motor, industri pengolahan, informasi dan komunikasi, transportasi dan pergudangan, serta jasa keuangan dan transportasi.

Baca Juga :   Pemulihan Ekonomi di Tengah Gelombang Ketiga Covid-19

Sementara itu, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyebut, naiknya pertumbuhan ekonomi Kota Pasuruan tak lepas dari berbagai stimulan yang telah diberikan pemerintah, seperti bantuan sosial hingga bantuan permodalan.

Selain itu, kata Gus Ipul, pemkot juga terus mendorong keterlibatan para pelaku usaha dalam berbagai pengadaan pemerintah melalui e-katalog.

“Sesuai tema hari jadi yaitu bangkit lebih cepat. Kita ingin bangkit lebih cepat pasca pandemi. Kota Pasuruan yang sebelumnya berada di urutan bawah sekarang termasuk kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi,” kata Gus Ipul. (tof/*)