Pemkot Gelar Festival Mebel, Gus Ipul : Jepara Belajarnya ke Bukir

261

Gadingrejo (WartaBromo.com) – Pemkot Pasuruan menggelar festival mebel di Pasar Bukir, Kelurahan Bukir, Kecamatan Gadingrejo, Jumat (03/03/2023). Beragam kreasi mebel dipamerkan dalam festival ini.

Pantauan WartaBromo, puluhan pengusaha mebel hadir dalam festival ini. Berbagai kerajinan mebel mulai lemari, kursi, hiasan, bahkan “sepeda motor” kayu.

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengungkapkan, kerajinan mebel di Kota Pasuruan dulu sempat berjaya. Bahkan, kata Gus Ipul, dulu perajin mebel di Kabupaten Jepara belajar ke Kota Pasuruan.

“Jujur kita disalip Jepara. Kita tak perlu kecil hati, sekarang saatnya bangkit dan kejar ketertinggalan,” ujar Gus Ipul.

Sekjen PBNU tersebut berharap, pasca pandemi ini, para perajin mebel lebih bersemangat untuk bangkit, sebab kualitas mebel di Kota Pasuruan memiliki daya saing.

Baca Juga :   Walikota Hasani Meminta Warga Waspada dan Menjaga Anaknya

Ia juga memaparkan soal pertumbuhan ekonomi Kota Pasuruan yang meningkat 6,22 persen di tahun 2022. Salah satu lapangan usaha yang tumbuh adalah industri pengolahan sebesar 8,22 persen.

“Industri pengolahan itu termasuk mebel. Peningkatan 8,22 persen itu menurut saya tinggi,” imbuh Gus Ipul.

Untuk mengembalikan kejayaan mebel di Kota Pasuruan, Gus Ipul meminta perajin mebel di Kota Pasuruan melakukan tiga hal utama.

Pertama, meningkatkan kualitas dan mengikuti kemauan pasar. Kedua, produk mebel Kota Pasuruan harus mudah diakses dan promosi di media sosial harus lebih gencar.

“Terakhir, harga harus bisa bersaing,” pungkas Gus Ipul. (tof/yog)