PDAM Banyak PR, Dewan: Direktur Harus Orang yang Kompeten

312

Pasuruan (WartaBromo.com) – PDAM Kota Pasuruan mendapat sorotan dari DPRD Kota Pasuruan. PDAM dinilai perlu banyak berbenah. Dewan meminta pemerintah benar-benar jeli dalam menyeleksi figur yang bakal menjabat direktur.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, Dedy Tjahjo Poernomo saat berkunjung ke Kantor PDAM bersama Komisi II DPRD Kota Pasuruan pada Selasa (07/03/2023) siang tadi.

Dedy menyebut, PDAM punya banyak pekerjaan rumah, khususnya di urusan pelayanan. Lalu infrastruktur jaringan pipa sebagai sarana distribusi air bersih ke pelanggan. Kemudian manajemen di internal perusahaan.

Di sisi lain, saat ini Pemkot Pasuruan tengah melaksanakan seleksi jabatan direktur PDAM. Sudah ada lima orang yang lolos seleksi administrasi dan segera mengikuti tes selanjutnya.

Baca Juga :   Akses ke Bromo Ditutup hingga BPK Ungkap Temuan Atas Laporan Keuangan Pemkab Pasuruan | Koran Online 25 Juni

Dedy menegaskan, pemerintah jangan sampai asal comot. Ia meminta pemerintah benar-benar serius dalam melakukan seleksi Direktur PDAM.

“Direktur nantinya harus kompeten. Harus benar-benar mengerti teknis dan manajemen. Tidak asal punya sertifikat manajemen air saja,” kata Dedy.

Terpisah, Pj. Direktur PDAM Kota Pasuruan, M. Chardijana mengungkapkan, selama ini pihaknya terus mengupayakan perbaikan pelayanan kepada pelanggan.

Sejak Januari 2023 hingga Maret, tercatat ada ratusan aduan dari pelanggan. Ia mengungkapkan, 90 persen lebih aduan tersebut sekarang sudah teratasi.

Chardijana mengungkapkan, saat ini pelanggan PDAM yang aktif 21.076 sambungan rumah (SR) atau mencakup 49,57 persen dari jumlah penduduk Kota Pasuruan.

Selain itu, melalui dana APBN 2022-2023, ada pembangunan jaringan pipa distribusi utama SPAM Regional Umbulan sepanjang 7 kilometer di Kota Pasuruan.

Baca Juga :   Lereng Penanggungan Ditambang, hingga Panen Rupiah Saat Wabah dengan Budidaya Labu Madu | Koran Online 22 Okt

“Kota Pasuruan mendapat kuota dari SPAM Umbulan 110 liter per detik, itu untuk melayani 8.000 calon pelanggan baru,” kata Chardijana. (tof/may)