Habiskan Miliaran Rupiah, PPI Pelabuhan Tak Jelas

247

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di komplek pelabuhan Kota Pasuruan tak kunjung mendapat kejelasan. Pasalnya, fasilitas yang dibangun dengan dana miliaran rupiah itu tak juga beroperasi.

Bangunan PPI yang merupakan aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur itu, dahulu digadang-gadang bisa mendongkrak usaha perikanan masyarakat sekitar. Namun hingga kini belum ada kepastian.

Mas’ud (53) warga Kelurahan Mandaran, Kecamatan Panggungrejo mengatakan, PPI yang sudah dibangun sejak tahun 2016 tersebut masih belum difungsikan sebagaimana mestinya.

“Kalaupun difungsikan, tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan. Pasalnya, hasil tangkapan ikan dari para nelayan tidak menentu di setiap harinya,” jelas Mas’ud, Sabtu (11/3/2023).

Diketahui, PPI yang dibangun diatas lahan sekitar dua hektare tepat di paling utara wilayah Ngemplakrejo tersebut dilengkapi tempat pelelangan ikan, kolam labuh kapal nelayan, hingga stan wisata kuliner.

Di sisi selatan bangunan PPI tersebut juga terdapat lahan parkir yang cukup luas. Sayangnya, saat ini lahan parkir tersebut malah dimanfaatkan warga setempat sebagai lapangan bola dengan dua anak gawang di sisi utara dan timur. (lio/asd)