Negara Pemeluk Agama Hindu Terbesar di Seluruh Dunia, Indonesia Nomer Berapa?

383

Pasuruan (WartaBromo.com) – Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 sekarang jatuh pada hari Rabu (22/03/2023). Di Indonesia Hari Raya Nyepi masih diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat beragama Hindu.

Perlu diketahui, agama Hindu merupakan agama dengan pemeluk terbanyak ketiga di seluruh Dunia. Sebab asal-usul agama Hindu berasal dari India, yang mana dimulai sejak masuknya bangsa Arya ke India pada waktu 1.500 sebelum masehi (SM).

Dilansir dari CNBC, ternyata total pemeluk agama Hindu di dunia diperkirakan telah mencapai 1.16 miliar Jiwa yang tersebar di beberapa negara. Mayoritas pemeluk agama Hindu saat ini bermukim di kawasan Asia Selatan.

Berdasarkan data Global Religious Futures, berikut daftar negara pemeluk agama hindu terbesar dunia:

Baca Juga :   Pawai Ogoh-ogoh Tanpa Kerumunan Massa

1. India

India merupakan negara pemeluk agama Hindu sebesar 94,17%. Sebab, populasi umat Hindu di dunia berasal dari India.

Hal inilah yang menjadikan India berada pada posisi pertama. Adapun total pemeluk agama Hindu di India pada tahun 2020 tercatat sebanyak 1,09 miliar jiwa.

2. Nepal

Posisi kedua diduduki oleh negara Nepal dengan persentase sebesar 2,46%. 

Negara yang terletak di kawasan pegunungan Himalaya ini yang berbatasan dengan negara India di sebelah barat, timur, beserta selatan. Ternyata pemeluk agama Hindu di negara tersebut mencapai sejumlah 28,6 juta Jiwa.

3. Bangladesh

Selanjutnya adalah Bangladesh yang menempati posisi ketiga sebagai negara pemeluk agama Hindu yang memiliki persentase sebesar 1,19%.

Baca Juga :   Uji Adrenalinmu dengan Berkunjung ke Wisata Paling Ekstrem di Indonesia

Bangladesh adalah negara yang masih berbatasan dengan India. Selain itu, jumlah pemeluk agama Hindu di sana mencapai 13,7 juta jiwa.

4. Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara berada pada posisi ke empat di seluruh dunia yang mempunyai jumlah pemeluk agama Hindu dengan persentase sebesar 0,36 persen atau sebanyak 4,21 juta jiwa.

Perlu diketahui, masuknya agama Hindu di Indonesia ditandai dengan berdirinya kerajaan Kutai dan Tarumanegara pada abad ke-4.

Pasalnya, kebanyakan mayoritas pemeluk agama Hindu di Indonesia saat ini berada di Pulau Bali atau Pulau Dewata yang masih kental dan kaya dengan budaya serta tradisi agama Hindu.

5. Pakistan

Posisi selanjutnya adalah Negara Pakistan yang menempati urutan ke lima sebagai negara pemeluk agama Hindu terbanyak. Persentase agama Hindu di Pakistan memiliki persentase sebesar 0,36 persen.

Baca Juga :   Netralisir Aura Negatif, Warga Tengger Musnahkan Butokala

Dengan populasi umat Hindu berjumlah 3,99 juta jiwa. Selain itu, ternyata negara Pakistan masih berbatasan langsung secara darat dengan negara asal mula agama Hindu yakni India. (tra/trj)