Ruas Jalan Penghubung Puspo – Tutur Tergerus Longsor, Mobil Tak Bisa Lewat

238

Puspo (WartaBromo.com) – Jalan penghubung Kecamatan Puspo-Tutur, Kabupaten Pasuruan untuk sementara ditutup bagi kendaraan roda empat.

Penutupan jalan ini dilakukan lantaran tebing di atas ruas jalan yang masuk Dusun Gondosuli, Desa Puspo mengalami longsor pada selasa (28/03/2023) petang kemarin.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan Ridwan Harris mengatakan, longsor itu dipicu hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 14.00 WIB.

Akibatnya, sebagian ruas jalan langsung tergerus longsor, plus material longsoran yang juga menimpa badan jalan hingga sepanjang 20 meter lebih.

“Di bawah jalan itu adalah sungai atau jurang. Material longsoran langsung jatuh ke sungai. Dan membawa badan jalan kurang lebih 2 meteran,” kata Harris melalui sambungan selulernya, Rabu (29/03/2023).

Baca Juga :   Cuaca Buruk Selama Tiga Hari, 9.765 KK di Kabupaten Pasuruan Terdampak Banjir

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Kata Harris, saat kejadian, kondisi ruas jalan sedang sepi. Sehingga beberapa saat pasca kejadian, pihaknya langsung menerjunkan tim untuk ke lokasi. Tujuannya, membuat jalur sementara agar bisa dilewati oleh masyarakat.

“BPBD dibantu oleh warga, TNI, dan Polri bergotong royong membersihkan material longsoran sampai bersih,” jelasnya.

Hingga berita ini ditulis, ruas jalan hanya dibuka untuk para pejalan kaki maupun kendaraan roda dua. Namun kata Harris, warga harus tetap berhati-hati saat melintas, lantaran kondisi tebing yang mudah tergerus apabila hujan kembali turun.

“Kalau roda dua boleh atau pejalan kaki. Tapi harus hati-hati, meskipun kami sudah memasang pembatas dan terpal,” tegasnya.(mil/yog)