Deretan Kasus Korupsi Terparah di Dunia

120

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kasus korupsi biasanya melibatkan banyak pihak dan jumlah kerugian yang terjadi juga dapat bervariasi. Namun, beberapa kasus korupsi yang dianggap terparah di dunia berdasarkan jumlah kerugian yang cukup besar dan dampaknya yang signifikan di antaranya adalah:

Skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB) – Malaysia

Kasus korupsi yang melibatkan mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, dan dana negara senilai lebih dari $4,5 miliar. Kasus ini menjadi salah satu kasus korupsi terbesar dalam sejarah Malaysia dan memicu aksi protes massal di seluruh negeri.

Skandal Petrobras – Brasil

Kasus korupsi yang melibatkan perusahaan minyak raksasa Brasil, Petrobras, dan dana suap senilai lebih dari $2 miliar. Peristiwa ini melibatkan banyak pejabat pemerintah dan bisnis di Brasil dan mengguncang ekonomi negara tersebut.

Baca Juga :   Waspada! Uang Palsu Beredar di Pasar Kebonagung

Skandal Golden Handshake – Nigeria

Kasus ketiga ini melibatkan mantan Menteri Minyak Nigeria, Dan Etete, dan pengalihan dana senilai $1,1 miliar melalui perusahaan minyak yang dimilikinya. Kasus ini menjadi salah satu kasus korupsi terbesar dalam sejarah Nigeria dan menjadi contoh nyata bagaimana korupsi dapat merugikan negara dan masyarakatnya.

Kasus FCPA – Amerika Serikat

Pada kasus ini, banyak perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat yang memberikan suap kepada pejabat pemerintah di luar negeri. Kasus melibatkan perusahaan seperti Siemens, Alstom, dan Johnson & Johnson dan dikenal sebagai kasus FCPA (Foreign Corrupt Practices Act).

Namun, perlu diingat bahwa kasus korupsi dapat terjadi di seluruh dunia dan kasus terparah tidak selalu terjadi di negara-negara yang lebih miskin. Kasus korupsi dapat merugikan negara dan masyarakatnya dengan cara yang sama di mana pun terjadi. (may)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.