Jangan Asal Comot Suguhan, Ini Adab Bertamu Saat Lebaran yang Harus Dipahami

190

Pasuruan (WartaBromo.com) –  Ketika lebaran Idul Fitri sudah menjadi sebuah tradisi masyarakat Indonesia untuk menyempatkan bertamu dan bersilaturahmi ke tetangga, saudara, kerabat dan sahabat. Di kesempatan inilah para tamu dipersilakan menyantap hidangan yang disuguhkan.

Bukan tanpa dasar, tradisi silaturahmi ini pun telah dianjurkan Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa ingin dilapangkan pintu rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturahmi,(H.R. Bukhari).

Nah, Bolo perlu mengetahui, dilansir dari nu.or.id, dalam Islam ada beberapa adab ketika bertamu atau bersilaturahmi di rumah orang lain. Dengan tujuan untuk kenyamanan kedua belah pihak, baik tamu dan tuan rumah, yakni:

Baca Juga :   Hilal Tak Terlihat di Kabupaten Probolinggo

1. Mengucapkan Salam

Sebelum masuk ke rumah alangkah baiknya mengucapkan salam terlebih dahulu, sebagaimana Firman Allah SWT dalam surat An-Nur ayat 27:

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya, yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu selalu ingat.(QS. An-Nur [24]: 27)

2. Bersalaman

Setelah Bolo mengucapkan salam, dilanjutkan dengan adab bertamu yakni bersalaman atau berjabat tangan.

Dengan berjabat tangan akan bisa mempererat silaturahmi antar umat Islam. Hal ini juga penting dengan tujuan untuk menghormati penerima tamu.

3. Batas Waktu Bertamu

Diusahakan ketika bertamu saat lebaran jangan berlama-lama. Pasalnya, seseorang ketika bertamu terlalu lama dikhawatirkan akan memberikan rasa tidak nyaman kepada si penerima tamu. Sebagaimana Nabi Muhammad Saw bersabda:

Baca Juga :   FIFGROUP Bagikan 32.000 Takjil Tersebar di Seluruh Cabang di Indonesia

Menjamu tamu adalah tiga hari, adapun memuliakannya sehari semalam dan tidak halal bagi seorang muslim tinggal pada tempat saudaranya sehingga ia menyakitinya.” (HR. Baihaqi).

4. Meminta Izin Sebelum Makan

Nah terakhir adab yang perlu diperhatikan ketika bertamu saat lebaran adalah meminta izin sebelum menyantap makanan yang dihidangkan.

Meskipun sudah diberikan izin untuk memakan ataupun belum diberikan izin untuk memakan makanan yang dihidangkan. Karena hal tersebut termasuk adab yang harus dilakukan.