Masuk Daftar 75 Desa Wisata Terbaik, Sandiaga Kagumi Desa Edelweis Wonokitri

263

Tosari (WartaBromo.com) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi Desa Wisata Edelweiss Wonokitri di Kabupaten Pasuruan pada Minggu (16/04/2023) siang.

Desa tersebut menjadi salah satu dari 75 desa wisata terbaik di Indonesia yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.

Sandiaga beserta rombongan disambut oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, serta seni budaya asli Suku Tengger, yaitu kesenian baleganjur, ketipung slompret, dan tari ojung. Kemudian, Sandiaga mendengarkan paparan dari Kepala Desa Wonokitri dan Ketua Pengelola Desa Wisata Edelweiss.

Mereka juga menyaksikan proses pembibitan, penyapihan, dan penanaman bibit bunga edelweiss di Taman Edelweiss selama hampir satu jam. Sandiaga terkesan dengan keindahan alam dan budaya warga Tengger yang dipertahankan hingga kini. Ia juga mengapresiasi kerukunan antar umat beragama yang sangat dijaga di Desa Wonokitri.

Baca Juga :   Koran Online 9 Mei : Bus vs Truk di Probolinggo Tewaskan 2 Pengemudi, hingga Salah Kaprah Tadarus dan Tarawih

“Saya melihat keindahan alam dan keragaman budaya sangat kental dan turun-temurun dijaga dari generasi ke generasi. Inilah yang membuat saya impress, semoga dewan juri seimpress saya,” ungkapnya.

Sandiaga juga puas dengan Desa Wisata Edelweiss, di mana bunga edelweiss tidak hanya dibiarkan tumbuh di daerah pegunungan saja, tetapi juga dibudidaya dan dijadikan taman edukasi bagi para wisatawan.

Tak hanya itu, sebagai Desa yang termasuk dari 75 desa wisata terbaik di Indonesia, Sandiaga mengajak para wisatawan untuk datang ke Desa Wisata Wonokitri, terutama Taman Edelweiss khas Desa tersebut.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf merasa optimis jika Desa Wisata Edelweiss akan menjadi desa wisata terbaik di Indonesia karena sarana prasarana pendukungnya lengkap. Selain itu, terdapat pelatihan serta pendampingan kepariwisataan untuk para guide atau pemandu wisata maupun warga yang dilibatkan.

Baca Juga :   Koran Online 19 Feb : Setiyono Pindah Tahanan ke Polda Jatim, hingga Jadwal Sandiaga Menyapa Pasuruan

Ia berharap seluruh pemangku kepentingan dapat sama-sama membangun Desa Wisata Edelweiss menjadi lebih berkembang, dengan tetap memperhatikan edukasi, keberlangsungan alam, dan kerukunan warga setempat.

“Saya optimis karena Mas Menteri tadi kagum sekali dengan apa yang ada di Wonokitri. Semuanya natural dan apa adanya. Apalagi Tosari ini khan sudah ditetapkan sebagai Kecamatan Bhineka Tunggal Ika oleh Menteri Agama. Jadi selain pemandangan alam dan budaya, kerukunan antar umat beragama sangat indah di sini,” ucap Bupati. (mil/yog)