Sunnah-Sunnah Syawal yang Bisa Dilakukan Umat Muslim

71

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bulan Syawal adalah bulan kemenangan bagi umat Muslim setelah menjalani Ibadah puasa. Nah, di bulan syawal ini ada beberapa sunnah yang bisa dilakukan dan mendatangkan pahala berlimpah.

Selain itu, pada bulan Syawal seorang Muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan amalan kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, sebagai seorang mulism tentu harus mengetahui amalan sunnah di bulan syawal. Lantas apa saja amalan sunnah pada bulan syawal?

Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, amalan sunnah yang dapat dikerjakan oleh umat muslim.

1. Puasa 6 hari di Bulan Syawal

Puasa 6 hari di Bulan Syawal hanya bisa dilakukan mulai hari kedua syawal. Hal tersebut dikarenakan saat hari raya Idulfitri diharamkan untuk menuaikan ibadah puasa.

Baca Juga :   Rekomendasi Suguhan Lebaran Anti Mainstream

Sementara itu, puasa di bulan syawal memiliki keutamaan seperti puasa sepanjang tahun. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Ayub Al Anshari, yang mana Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْر

Barang siapa berpuasa Ramadhan lalu melanjutkannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka itu setara dengan puasa sepanjang tahun.” (HR Muslim).

2. Silaturahmi

Silaturahmi adalah amalan sunnah yang pada bulan Syawal sebagai upaya untuk menyambung tali silaturahmi antar keluarga maupun sahabat.

Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah Saw juga menjelaskan apa yang dimaksud dengan silaturahmi. Sebagaimana berikut.

لَيْسَ الْوَاصِلُ بِالْمُكَافِئِ، وَلَكِنِ الْوَاصِلُ الَّذِي إِذَا قَطَعَتْ رَحِمُهُ وَصَلَهَا

Baca Juga :   Mudik Lewat Pasuruan, Waspadai Titik-Titik Rawan Kecelakaan Berikut Ini

Artinya: “Silaturahmi bukanlah yang saling membalas kebaikan. Tetapi seorang yang berusaha menjalin hubungan baik meski lingkungan terdekat (relatif) merusak hubungan persaudaraan dengan dirinya.

Maka tak mengherankan jika bulan Syawal menjadikan satu diantara bulan yang mana kebanyakan umat Muslim bersilaturahmi. Oleh sebab itu, amalan bulan syawal ini sangat mudah dilakukan dan baik.

3. Perbanyak Bersedekah

Ketika bulan syawal tiba, bersedekah kepada orang fakir dan miskin sangatlah dianjurkan karena merupakan amalan sunnah di bulan syawal.

Selain itu, dengan memperbanyak sedekah adalah salah satu bentuk ungkapan syukur atas nikmat Allah SWT.

Sementara itu, alangkah baiknya ketika melakukan sedekah juga dengan menggelar dzikir dan doa berjamaah supaya makin banyak mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. (tra/trj)