Hindari Tamu Toxic! Ini Tips Menjamu Tamu Saat Lebaran agar Tidak Lama-lama

169

Pasuruan (WartaBromo.com) – Terkadang saat lebaran ada tamu-tamu yang berkunjung dan membuat pemilik rumah tidak nyaman. Bisa karena pertanyaan-pertanyaan toxic atau perilaku yang membuat tuan rumah mengelus dada.

Ada pula tamu yang berkunjung di waktu yang tidak tepat, seperti terlalu malam atau malah berlama-lama bertamu padahal tahu tuan rumah hendak pergi ke luar.

Hal seperti ini tentu akan membuat tuan rumah merasa kesal dan menggerutu dalam hati. Namun, kini tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tamu tak berlama-lama berkunjung.

Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Pura-pura Menutup Stoples Jajan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan pura-pura menutup stoples jajan. Cara ini bisa Bolo lakukan dengan alibi agar kue-kue lebaran tidak ayem terkena kipas atau AC di ruang tamu.

Baca Juga :   Begini Cara Menghadapi Anak Durhaka pada Orang Tua

Nah, agar tidak terlalu menyindir tamu sebaiknya lakukan hal ini sembari berbincang-bincang santai. Kemudian selipkan dengan kata-kata santai dan jangan terlihat seperti mengusir.

2. Katakan Bila Hendak Menjenguk Orang Sakit

Ketika lebaran ada tamu yang berlama-lama sampai tengah malam dan belum pulang-pulang, bahkan sampai berisik.

Nah, Bolo bisa mencoba dengan mengatakan “Ada orang sakit di sebelah rumah,” tentunya sang tamu bakalan merasa tersinggung dengan sopan dan merasa tidak enak kalau berlama-lama.

3. Buat Alasan untuk Meninggalkan Tamu

Salah satu cara menjamu tamu agar tidak berlama-lama saat lebaran, Bolo bisa menerapkan dengan cara memberikan sebuah alasan yang logis kepada tamu.

Tentunya dengan bahasa yang sopan dan santun, misalnya, “Oh iya, setelah ini saya dan keluarga juga mau mengunjungi saudara di luar kota.” Hal itu akan membuat tamu respek untuk tidak berlama-lama.

Baca Juga :   Rekomendasi Outer Wanita untuk Lebaran Tampil Cantik dan Menawan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar tamu tak berlama-lama ada di rumah. Sebagai catatan, cara di atas hanya boleh dilakukan kepada tamu-tamu tertentu saja, ya! (tra/trj)