Butuh 2 Jam Evakuasi Tiga Petani Kentang Korban Longsor

213

Puspo (WartaBromo.com) – Dua jam tertimbun longsor, tiga orang warga Dusun Keduwung, Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan ditemukan meninggal dunia, Jumat (28/04/2023) sore.

Plt Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris menjelaskan, longsor terjadi sekitar pukul 15.30 di Lahan Kontrak milik Perhutani KRPH Cukurguling Dusun Keduwung, Desa Keduwung, Kecamatan Puspo.

Dua jam setelah kejadian longsor yang diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi selama 2-3 jam, petugas bersama warga segera melakukan pencarian dan berhasil mengevakuasi ketiga korban dalam kondisi tak bernyawa.

“Posisi arus longsor itu di lembah dan tidak bisa diakses kendaraan. Namun alhamdulillah nggak sampai lama, ketiga korban berhasil kami temukan dalam keadaan sudah tak bernyawa,” ungkap Harris, Sabtu (29/04/2023).

Baca Juga :   Longsor di Tol Pandaan-Malang, Kendaraan Dialihkan ke Purwodadi

Diketahui, ketiga korban tersebut adalah Ngatimun (50), Ravianto (15) dan Agus Kuprit (30). Sebagaimana data yang didapat, mereka masih dalam satu hubungan sanak keluarga.

Pagi tadi ketiga korban telah disemayamkan di tempat tinggalnya untuk kemudian dilakukan upacara kematian secara Umat Hindu di sana.

Selain itu, BPBD Kabupaten Pasuruan terus menghimbau agar masyarakat tetap berhati-hati saat menjalani aktivitas keseharian, terutama di daerah dataran tinggi seperti halnya Kecamatan Puspo yang rawan terjadi longsor. (lio/asd)