Waspada! Ini Ciri-ciri Pneumonia yang Harus Diperhatikan

120

Pasuruan (WartaBromo.com) – Mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan pernapasan memang menjadi kekhawatiran sendiri. Apalagi jika sampai mengalami batuk berdarah hingga terkena pneumonia.

Dilansir dari hellosehat, pneumonia adalah suatu infeksi pada paru-paru yang dapat menyebabkan gejala yang serius dan mengancam nyawa. Mengetahui ciri-ciri pneumonia adalah langkah penting untuk bisa lebih waspada dan mengambil tindakan yang tepat.

Agar tidak terlambat mencegah, berikut ciri-ciri pneumonia:

  • Batuk yang berkepanjangan: Pneumonia sering kali ditandai dengan batuk yang tidak kunjung sembuh atau semakin parah. Batuk ini bisa disertai dengan dahak berwarna kuning, hijau, atau bahkan berdarah.
  • Sesak napas: Kehilangan kemampuan untuk bernapas dengan mudah adalah salah satu tanda pneumonia yang sering terjadi. Penderitanya mungkin merasa sulit bernapas, mengi, atau napas pendek bahkan dalam kegiatan sehari-hari yang ringan.
  • Demam tinggi: Pada banyak kasus pneumonia, suhu tubuh akan meningkat secara signifikan. Demam yang tinggi merupakan respons tubuh terhadap infeksi dan peradangan yang terjadi dalam paru-paru.
  • Nyeri dada: Sensasi nyeri atau ketidaknyamanan di dada adalah gejala umum pneumonia. Nyeri dada ini bisa menjadi lebih parah saat batuk atau bernapas dalam-dalam.
  • Kelelahan yang berlebihan: Infeksi pneumonia dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan mudah lelah. Penderitanya mungkin merasa kehilangan energi dan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Mual atau muntah: Beberapa orang dengan pneumonia juga dapat mengalami mual atau muntah. Hal ini terkait dengan respons tubuh terhadap infeksi dan bisa disertai dengan hilangnya nafsu makan.
Baca Juga :   Cara Mengatasi Kolitis pada Orang Dewasa, Dijamin Ampuh!

Bila sudah mendapati salah satu ciri-ciri di atas sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam. Hindari self diagnose dan hindari mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter.